Cara Laris Tanpa Iklan!……..Mungkinkah???

Assalamualikum Wr. Wb Apa kabar Milyader Indonesia?

laris tanpa iklan

laris tanpa iklan

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan omset adalah PROSPEK. Semakin banyak jumlah prospek maka semakin besar peluang untuk meningkatkan omset. Dan salah satu cara memperbanyak prospek ya melakukan iklan baik itu di media massa, FB, Twitter dll. Butuh energi dan biaya yang lumayan juga sepertinya iklan itu. Dan bagaimana merubah prospek itu menjadi Customer/pembeli produk kita sehingga berapa banyak prospek yang menajdi pembeli di tentukan convertion rate. Ilmu yang saya pelajari di Bisnis Coaching selama 6 bulan bareng Acation Coach Indonesia.

Promosi tanpa iklan, mungkinkah? Sebuah pertanyaan menggelitik bagi para pelaku dunia marketing khususnya yang bersinggungan dengan area promosi. Promosi merupakan sebuah tindakan mempengaruhi pasar supaya tertarik melakukan transaksi baik dengan membeli produk ataupun menggunakan jasa layanan perusahaan yang ditawarkan. Cara berpromosi sangat beragam, mulai dari membuat event guna menterkenalkan sebuah brand tertentu, menjaring komunitas, dan juga melakukan iklan di aneka media massa baik cetak maupun elektronik. Secara istilah di dalam promosi adalah promosi secara above the line dan below the line.

Nah, ternyata kita bisa melakukan promosi tanpa iklan loh. Wow …masa sih pasti pakai penglaris atau ke Dukun. Yuk kita simak  Caranya:

1) Produk HARUS meninggalkan kesan pertama yang WAH

Imatako Header2

Menurut pak Subiakto, jika kita bisa menghasilkan produk/jasa yang mampu membuat kesan pertama yang WAH pada Customer, maka tanpa beriklan pun mereka akan kembali ke kita. Bahkan mereka akan rela menceritakan produk/jasa kita kepada keluarga dan temen2nya. So, pastikan produk/jasa yang kita tawarkan ke customer adalah produk/jasa yang terbaik.

2) Memaksimalkan toko online dengan teknik SEO

 

Pejwan Google dan Youtube

Pejwan Google dan Youtube

Jika toko online kita bisa berada di halaman 1 google, maka gak perlu lagi capek2 beriklan. Tiba2 aja akan banyak yang akan menghubungi kita untuk order produk/jasa. Asyikkan?
Cuma masalahnya banyak yang bingung soal teknik SEO padahal simple, gak rumit seperti yang dibayangkan kebanyakan orang. SEO yang mudah ya bikin artikel yang menarik dan bermanfaat dan dilakukan secara kontinu dan terjadwal misal 1 minggu 1 artikel berkaitan dg bisnis anda. Di jamin web anda akan naik dan terindeks oleh paman Google.

3) Promosi MLM (Mulut lewat Mulut)

Word of Mouth

Word of Mouth

Promosi dari mulut ke mulut sudah dikemas sedemikian rupa menjadi promosi yang lebih jitu dan tertata.Promosi melalui mulut ke mulut menjadi salah satu promosi terbagus dan dikemas dalam bentuk sistem komunitas. Banyak produsen menjaring massa melalui komunitas dan diberikan wadah para anggota komunitas untuk saling sharing mengenai produk, termasuk memberikan fasilitas melaksanakan event di antara para anggota komunitas. Ini yang dilakukkan kapolri BJM Banggim dan Melando.

4) Penggunaan Media Social

Berbisnis Lewat Social Media

Berbisnis Lewat Social Media

Penggunaan media sosial juga merupakan sarana jual dan promosi yang menarik tanpa harus beriklan. Media social seperti facebook, twitter, instagram dan Google + sangat mumpuni. Cukup memberikan statemen-statemen ringan di dalam status media sosial, atau menampilkan adanya testimoni pengguna, maka para nasabah yang sebagian besar menjadi member atau rekan di jaringan sosial tersebut akan merespon aneka informasi menarik bahkan yang tidak terkait atau berhubungan dengan barang yang dijual. Komentar silang dari para pengguna media sosial dapat dijadikan sebagai bahan referensi penjualan yang sangat dahsyat. Penggunaan blog komunitas yang sharing mengenai produk tertentu, revie produk juga merupakan salah satu cara berpromosi tanpa iklan. Terakhir adalah memberikan merchandise atau gimmick untuk menarik minat pembeli. Merchandise merupakan media promo langsung tanpa kata-kata.

Nah di Dunia Media Social ada yang sangat Efektif yaitu “Viral Marketing”

viral-marketing

viral-marketing

Viral Marketing merupakan salah satu strategi berbisnis di dunia internet, cara kerjanya ialah dengan memanfaatkan teknologi untuk menyebarluaskan suatu produk atau jasa dari satu pihak ke pihak yang lain atau biasa disebut cara berantai, seperti dari mulut ke mulut. Kini Viral Marketing menjadi sangat populer, ini dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin maju, sehingga produk atau jasa yang sedang dipromosikan akan menyebar ke seluruh dunia dengan cepat dan mudah tanpa harus mengeluarkan modal yang begitu besar, dan ternyata pemasaran menggunakan strategi Viral Marketing lebih efektif dibandingkan pemasaran yang menggunakan iklan.

Viral Marketing Map

Viral Marketing Map

Kelebihan Viral Marketing :

  • Proses pemasaran menggunakan Viral Marketing sangat cepat dan luas
  • Biaya pemasaran yang tidak terlalu besar
  • Viral Marketing cara kerjanya sangat sederhana sekali
  • Siapapun dapat dengan mudah menerapkan Viral Marketing

Kekurangan Viral Marketing :

  • Jika tidak ada pemicu yang menarik, maka Viral Marketing tidak akan bekerja dengan baik
  • Produk atau jasa akan tersebar luas ke seluruh penjuru dunia, sehingga akan mengalami kesulitan dalam menganalisisnya

Selamat Mencoba…..kalau saya bisa anda juga pasti bisa. Selamat mencoba…..di bisnis anda.

Wassalamualaikum wr. Wb

Hendra Andiarto Amphibia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s