Lima Cara Meningkatkan Profit dan Omzet Bisnis Anda

brad sugar omzetMau nulis  hasil coaching bisnis di Action Coach yang difasilitasi Bank Indonesia selama 6 bulan di 2014 gak kesampaian sudah dua bulan lebih materinya terlewat. Sekalian   untuk refresh  juga menerapkanya di usaha sendiri, semoga bermanfaat sharing ilmun saya yang masih dalam tahap belajar dan belajar. Kita mengenal dua istilah penting dalam dunia bisnis, yaitu omzet dan profit alias keuntungan. Kebanyakan pebisnis pemula fokus di dua hal ini. Kedua istilah ini berbeda loh dan jangan sampai disamakan lho. Definisinya seperti ini, omzet adalah total pemasukan yang kita peroleh dari penjualan produk dalam suatu periode tapi belum dikurangi biaya beban dll, sedangkan keuntungan (profit) adalah omzet yang sudah dikurangi oleh biaya – biaya (seperti biaya produksi, biaya promosi, dll).

Kok jadi membahas omzet dan profit? Karena artikel kali ini saya akan membahas tentang cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan keuntungan bisnis (profit) sehingga kita tidak boleh sampai salah dalam mengerti istilahnya. Kita langsung masuk ke poin utamanya ya, saya coba lempar pertanyaan ke rekan pembaca semua, siapa yang pernah punya omzet besar tapi untungnya ga ada? hayooo ngacung…saya juga awal-awal bisnis mengalami seperti itu…penjualan kelihatan besar  diatas tiga digit!!! wow banget lah omzet dalam sebulan kok untungnya gak ada yaa……. ha..haaa. jadi selama ini kerja bakti dong udah jabatan CEO tapi bisnisnya gak profitable.

Nah lho, mungkin saja kita salah menerapkan strategi dalam bisnis kita. Yuk kita lihat kunci-kuncinya ini saya dapatkan dipelatihan coaching oleh Action Coach Indonesia yang disponsori oleh Bank Indonesia untuk UMKM, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan pelaku UKM  atau yang mau segera jadi Miliarder yang sudah berkunjung ke blog saya ini.

5 kunci area penghasil profit, atau dikenal dengan “5 cara” atau “5 ways”  adalah :
1. Lead Generation – mendapatkan prospek
2. Conversion Rate – persentase perubahan prospek menjadi pelanggan
3. Average Rupiah Sale – rata-rata penjualan/belanja customer
4. Average Number of Transactions – jumlah transasksi prospek/pelanggan
5. Profit Margins. – margin keuntungan

 5ways1

 

Semua area tersebut ditekankan dalam persamaan sbb :
Lead Generation x Conversion Rate = # Customers
#Customers x Avg. Rupiah Sale x Avg. # Transactions = Revenues
Revenues x Profit Margins = Rp. Profits

 

1. Perbanyak Prospek (Leads). Caranya dengan iklan, buka cabang, sebar brosur, ikut pameran dll. Misalnya, anda buka toko di mal. Rata-rata yang masuk ke toko anda secara tidak sengaja adalah 1000 orang, maka prospek/leads anda adalah 1000. Kemudian anda sebarkan brosur di pintu gerbang mal yang mengundang orang supaya datang ke toko anda. Katakanlah prospek yang yang masuk ke toko dari brosur tersebut adalah 100 orang, jadi prospek anda menjadi 1100. Semakin banyak yang masuk ke toko anda berarti semakin banyak prospek anda.

2. Perbanyak Jumlah Konversi (Conversion). Konversi adalah jumlah prospek yang akhirnya membeli produk anda. Misalnya dari 1000 prospek yang masuk ke toko anda ada 250 orang yang membeli. Artinya konversi anda adalah 25%. Bagaimana cara menaikkan konversi? Contohnya: berikan faktor wow ke prospek anda, berikan garansi, berikan jaminan purna jual, delivery gratis, dll.

3. Naikkan Jumlah Transaksi prospek. Jumlah transaksi adalah berapa banyak transaksi yang terjadi di toko anda per hari, per minggu atau per bulan. Bagaimana cara menaikkan jumlah transaksi? Lakukan berbagai cara agar pelanggan anda lebih sering belanja, misalnya dengan memberikan hadiah, bonus, point, voucher, sale, diskon dll.

4. Naikkan Jumlah Rata-rata Pembelian. Dari jumlah transaksi tersebut berapa rata-rata transaksinya? Misalnya toko anda memperoleh omset Rp. 1.000.000 per hari dengan jumlah transaksi 50, maka rata-rata transaksi anda adalah Rp. 20.000. Caranya? nah tawarkan produk lainya yang ada di toko anda. sebagai contoh saya jualan bibit tanaman dan menyediakan saung-saung untuk  makan dengan menu pecel madiun dll, nah tawari pelanggan yang membeli tanaman untuk mencoba  menu kuliner saung, misal pak silahkan mampir kesaung mungkin mau mencicipi menu pecel kembang turi, atau anaknya mau es krimnya.

5. Naikkan Margin Keuntungan.

Yuk kita simulasikan seperti gambar dibawah ini misal sebuah toko baju menjual baju dengan harga rata-rata 100.000 dengan pospek sekitar 10.000 dan conversion ratenya 40%. kita lihat berapa profitnya.

5 ways 5

Jika MAsing-masing POS dinaikkan 10 % saja berapa efeknya terhadap kenaikan Profit ??

5 ways 6

WOW..WOW..WOW..WOW…Bayangkan dengan menaikkan  leads cuma 1000 menjadi 11.000 dan conversion rate  cuma 4 % pos pada masing-masing 5 ways bisa melipatgandakan omzet anda 46 % dan profi anda 61 % Luar biasa dahyat..

Untuk strategi 5 ways ini biasanya perlu dibentuk PIC masing-masing toko dengan siapa yang menjadi Jendral Leads ( biasanya tim marketing ) siapa yang menjadi Jendral di conversion rate dst.. kalau belum bisa karena masih kecil paling nggak 3 divisi bagian Marketing, produk dan Delivery.

Berikut contoh -contoh sederhana yang biasa saya gunakan.. :

  1. Strategi Leads ( bagaimana mengundang orang dari yang tidak tau Waras farm menjadi tau :
  2. Strategi Conversion Rate : (bagaimana pengunjung dari tidak beli menjadi beli )
  3. Strategi  # Of transaction
  4. Strategi AVG $ Sale : Bagaimana customer menambah belanjanya
  5. Stratei Margin :  Strategi ini berkaitan dengan mengurangi biaya ..Ketika biaya berkurang maka prosentase margin bertambah

Strategi Leads

  1. Sebar brosur ke sekolah-sekolah
  2. Mengadakan seminar ke sekolah sekolah
  3. Promosi lewat facebook menjalin komunikasi, info-info jika ada produk baru
  4. Promosi lewat Twitter
  5. Kerjasama dengan sekolah, pameran, konsinyasi
  6. Sponsori kegiatan Charity atau Amal, strategi biasa dilakukan perusahaan-perusahaan besar, UKM juga bisa loh dengan menebeng acara lain, serta strategi lainya.

Strategi Conversion Rate & Of transaction

  1. Infokan produk baru, tanyakan kebutuhan
  2. Menggunakan sales script
  3. Melakukan role play
  4. Membuat flowchart
  5. membuat kotak kritik dan saran

Strategi AVG $ Sale

  1. Untuk membuat customer balik lagi biasanya menggunakan member card
  2. Setelah customer belanja diberikan kupon voucher diskon 50 % yang bisa dipakai dalam waktu 5 hari
  3. Impulse buying..mendisplay pernak-pernik kecil didepan kasir jadi customer dari kepikiran tidak beli bisa menjadi beli krn sambil menunggu proses pembayaran

Stratei Margin

  1. Menghemat listrik ..cek apakah setiap toko tutup air,listrik selalu mati
  2. Mengurangi komputer yang tidak efektif
  3. Menaikkan harga jual produk kita
  4. Kurangi Fixed Cost dan Variable Cost di bisnis anda (Efisiensi)

Biasanya dalam 1 tahun saya sudah merancang 5 ways dari Januari sampai Desember.. bahkan beberapa Tim inti saya lebih dahsyat lagi membuat break down perhari… Ini salah satu contoh format 5 ways sebagai panduan sebagai salah satu bahan rapat saya

5 WAYS STRATEGIES :

  1. LEAD Strategies
No Strategies Start Finish PIC
1 Bagi Brosur 1 nov 15 nov Herman
2 Promo via Facebook & twitter
3 Duta urbie
4 Display unik untuk foto ( cth foto booth saat bazaar  )
5 Promo online shopping via Website ..free bag series .
6
7
  1. CONVERSION Strategies
No Strategies Start Finish PIC
1 Gunakan teknik NLP
2 Display yg jelas ( dimanadisply ce co kemeja ) dan rapi
3 Aqua free .. ibu hamil gratis makan sepuasanya….Wow Factor
4 Gesit dalam menawarkan…sales script
5 Garansi..rusak..salah ukuran boleh tukar tanpa bertanya .
6
7
  1. # OF TRANSACTION Startegies
No Strategies Start Finish PIC
1 Bagi kupon diskon utk kembali besok
2
3
  1. AVG $ Sale Strategies
No Strategies Start Finish PIC
1 Tawarkan Plant mini
2 Lucky draw ..Hajar konsumen beli diatas 100 ribu utk dapat kupon
3
4
5
6
7
  1. MARGIN
No Strategies Start Finish PIC
1 Menyewakan area teras yang masih kosong
2 Hemat listrik ..
3 Psikologis price
4
5
6
7

Strategi ini sangat luar biasa ..artinya sejelek-jeleknya perencanaa 5 ways yang kita buat dan action yang kita lakukan jika masing-masing naik 5% saja hasilnya sudah cukup menggembirakan .. Dan strategi ini akan digunakan terus buat saya sampai akhir hayat saya..karna ini adalah kunci menaikkan omzet..

Nah mumpung masih oktober  2014 siap-siap buat tahun depan 2015 siapkan strategi…..siapkan budgetting. salah merencanakan…berarti kegagalan semakin mendekati.

Selalu di tunggu sharing kawan-kawan jika mempunyai strategi lain untuk saling tukar ilmu hehe….bagi-bagi ilmu gak bakal  miskin ilmu…..malah banyak ilmu-ilmu baru.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s