Slawi Nikmatnya Es Lontrong, Tahu Pletok bersanding Wasgitel

Ikon Kota SlawiBerkunjung ke Kota Slawi ibu kota kabupaten Tegal di bawah kaki Gunung Slamet Jawa Tengah, kota Slawi memang kalah terkenal dengan Kota Tegal atau  obyek wisata Guci yang terletak di kecamatan Bumi jawa yang meruapakan wilayah bagian dari  Kabupaten Tegal itu sendiri.Yang sudah terkenal seantero Indonesia dan jagad dunia maya.

Namun kota Slawi tidak asing lagi dengan  julukan kota teh dan budaya moci ( Minum teh Poci). Meskipun julukan itu diberikan , Kota Slawi bukan merupakan dataran tinggi dengan hawa dingin dan hamparan kebun teh. Nama Slawi memang jauh kurang populer dibanding Tegal. Bahkan kota Slawi identik juga dengan Kota Tegal. Padahal keduanya merupakan dua buah kota yang berbeda. Kota Tegal merupakan salah satu kota tersendiri di Provonsi Jawa Tengah, sementara Kota Slawi merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Tegal yang juga merupakan Ibu Kota Kabupaten Tegal. Letak Kota Slawi sendiri kurang lebih 14 km sebelah selatan Kota Tegal. Slawi sendiri terbentuk ketika pasukan mataram yang membawa amangkurat 1 yang pro kompeni tinggal Selawe atau 25 orang dan dikejar oleh para pejuang anti penjajah, maka dinamailah kota Slawi.

Teh SlawiAda satu yang unik dari kota Slawi ini, yaitu bau harum teh melati hampir disetiap sudut kotanya. Jika Anda masuk ke kota Slawi dari arah utara atau dari arah kota Tegal, bahkan bau wangi teh melati sudah mulai tercium sebelum Anda memasuki kota Slawi. Setelah Anda memasuki kota, dan berada di daerah sekitar Ruko-ruko terbesar di Kota Slawi, wanginya teh melati akan kembali tercium. Dan masih banyak beberapa titik lain harumnya teh melati di kota Slawi. Bagi yang belum pernah ke Slawi, silakan Anda bayangkan bagaimana segarnya aroma teh melati yang menghiasi beberapa sudut kota.

teh-slawiHal ini menjadi aneh karena Slawi merupakan dataran rendah yang tidak memiliki kebun teh. Lalu apa penyebab dari wangi teh melati dibeberapa titik di kota Slawi? Dan jawabannya adalah di daerah Slawi dan sekitarnya terdapat empat pabrik teh besar yang menguasai pasar dalam negeri, yaitu teh 2 Tang, Teh Poci (Sosro), Teh Tong Tji, dan Teh Gopek. Keempat pabrik teh itu berdiri hampir bersamaan, yaitu sekitar tahun 1940-an, sebelum Indonesia merdeka. Salah satu ciri dari keempat produk teh tersebut adalah teh beraroma melati, itulah yang menjadi sebab kota Slawi wangi teh melati. Bahkan pabrik teh Poci (Sosro) adalah cikal bakal dari perusahaan minuman Sosro yang merajai pasar minuman Indonesia, di kota inilah Sosro widjoyo memulai usahanya, kemudian di bawa ke jakarta oleh generasi kedua sehingga bisa menggurita seperti sekarang.

Tetapi kota Slawi tetaplah daerah yang menawarkan keragaman kuliner yang khas dari daerah lainya, anda perlu dan patut mencoba ketika berkunjung ke obyek wisata Guci yg selalu ramai di akhir pekan dan libur-libur nasional. Berikut diantaranya kuliner yang bisa kita nikmati di segala suasana.

Teh Wasgitel

tradisi mociInilah kepanjangan dari teh yang wangi, panas, sepet, legi dan kentel. Teh wangi aroma bunga melati, legi=manis gula batu, kentel= kental atau pekat yang terhidang dalam cerek kecil (poci) dari tanah liat yang disajikan dalam keadaan panas. Sajian ini lebih dikenal dengan sebutan moci. Budaya minum teh ini sudah dilakukan turun temurun sejak zaman belanda, yang membangun perkebunan teh kaligua di sisi barat gunung Slamet. Minuman beraroma wangi melati yang khas ( bukan berbau mistis😛 seperti suzana aktris 80-an) dan campuran teh Hijau yang pekat dan di sajikan dalam Poci tanah liat yang eksotik.

Sebagian besar penduduk warga Slawi masih mempercayai, bahwa poci yang telah dipakai untuk membuat hidangan teh biasanya bagian dalamnya cerek tanah liat tersebut tidak pernah di cuci tetapi cukup dibuang sisa tehnya saya ( ada istilah teh basi). Karena menurut mereka, kerak sisa teh sebelumnya akan menambah cita rasa seduhan teh poci menjadi semakin mantap serta punya sensasi rasa enak pada teh.

Es Lontrong

es lontrong enakMinuman dingin ini terbuat dari es serut zaman dulu, gula pewarna pink, kacang hijau , hung kweh, kolang kaling, cincau hitam, dan santan sangat pas disantap saat terik matahari, dulu waktu masih sekolah sering pulang-pulang sekolah menyantap ramai-ramai dengan teman harganya waktu itu masih 500 perak, sekarang mungkin sekitar 5000 perak saja.

Lokasi es lontrong ini ada di Lontrong Kampung Budimulya, Slawi. Atau “ancer-ancer”-nya adalah dari Ruko Perdagangan Slawi, masih ke timur, setelah jembatan, nanti belok kiri pada gang pertama. Dari jalan raya hanya sekitar 20 meter. Suasana tempatnya juga hampi tidak ada perubahan selama beberapa tahun yang lalu.Rasa dari es ini tidak ada perubahan, alias dari dulu sampai sekarang, rasanya masih sama. Dan untuk harganya, tergolong pas untuk semua kantong. Saat tulisan ini dibuat, harga perporsi adalah Rp. 2.500. Murah bukan? Jadi jangan salah, apabila banyak pelanggan yang berjubel di warung tersebut.

Pelayanan yang diberikan sangat cepat. Kita baru duduk, beberapa detik kemudian pesanan kita sudah terhidang di depan mata. Roti tawar pun bisa dijadikan pelengkap minum es. Namun tentu saja, ada penambahan biaya :)

Penasaran? silahkan datang dan coba..

Tahu plethok/tahu Aci

tahuslawi

Pelengkap lauk makanan ini berbentuk segitiga dan didalamnya berisi tepung/aci dan ada beberapa tempat makan menambahkan dengan gilingan daging, ayam dan sayuran kucai atau seledri dan bumbu tradisional. Makanan ini mirip dengan tahu aci  atau tahubakso yang sering kita jumpai namun tahu plethok sudah ada sejak dahulu sebelum tahu bakso muncul. Makanan ini digoreng sampai tepung/acinya kering biasa disandingkan dengan makan bakso, rujak teplak atau nasi lengko. Ada penjual tahu plethok di depan pasar lama Slawi tahunya terkenal dengan tahi si Ahok, karena yang jual adalah koh Ahok yang sudah 2 generasi menekuninya, terkenal akan rasa dan enaknya. Kalau jakarta punya wagub si Ahok, Slawi juga punya si Ahok penjual tahu plethok/aci.

Nasi lengko

Nasi Lengko

Nasi lengko adalah nasi putih biasa yang diberi bumbu kacang, tauge, timun, tahu goreng, dan diberi kerupuk kuning diatasnya.  Lalu diberi kecap manis juga lho. Sebelum disantap, kita aduk-aduk dulu supaya tercampur bumbu kacangnya. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Nasi Lengko adalah bahan 100% non-hewani sehingga makanan sederhana ini sarat akan protein nabati, serat, serta rendah kalori dan sangat cocok untuk dinikmati oleh kaum vegetarian.

kemudian ditambahkan tempe goreng dan tahu goreng yang dipotong kecil-kecil di atasnya, setelah itu diberi tauge yang telah direbus dan terakhir semua bahan disiram dengan bumbu kacang dan kecap manis. Kecap manis yang digunakan adalah kecap khas Cirebon yang terkenal dengan rasanya yang khas dan juga teksturnya yang lebih encer dari kecap pada umumnya. Untuk mempercantik penampilannya, biasanya diatas nasi lengko ditaburi daun kucai yang dicincang halus dan juga bawang goreng yang renyah. Untuk anda yang bukan vegetarian, nasi lengko juga cocok dinikmati bersama sate kambing muda yang biasanya disajikan dalam piring lain secara terpisah.

 Nasi PONGGOL

nasi ponggolDi kota Slawi, Ponggol adalah sebutan untuk nasi yang dibungkus dengan daun pisang dengan lauk pendamping seperti oseng-oseng tempe, mie goreng, telur, ikan asin, tahu, tempe, mendoan, dan krupuk. Biasa di bawa oleh petani untuk bekal makan siang di sawah. Sejatinya makanan ini dulunya di bawa oleh kuli-kuli ponggol atau kuli angkut di pabrik-pabrik teh, dan sekarang terkenal sebagi nasi ponggol bukan hanya kuli-kuli saja yang menikmati kalangan biasa dan kalangan menengah ke atas pun sekarang ikut menikmatinya.

 Penyajiannya yang cukup unik adalah oseng-oseng tempe sebagai lauknya dalam pembuatannya dijemur terlebih dahulu selama 1 hari sebelum dimasak. Baru-baru ini Ponggol dikreasikan oleh sebagian masyarakat setempat dengan sebutan Ponggol Setan, karena makanan ini dijual hingga malam dini hari. Mungkin karena malam dini hari diidentikan dengan banyak setan, sesuatu yang menyeramkan. Namun pada perkembangannya nasi ponggol setan ini dijual pada pagi hari sebagai menu sarapan pagi.

Untuk 1 bungkus berkisar dengan harga Rp 3000-6000 tergantung lauk yang diinginkan pembeli. Dengan harga yang relatif murah, penyajiannya dalam keadaan hangat dan lauk yang unik membuat makanan ini digemari oleh masyarakat Slawi. bahkan sekarang ini menjadi salah satu brand baru dari kota Slawi.

Soto Tegal /Sedap Malam

soto sedap malam pak daan jenggot“Soto yang disajikan di warung pinggiran jalan itu nikmat sekali rasanya. Murah harganya, sehingga habis semangkok minta tambah semangkok lagi.Kuliner yang satu ini dijamin tidak akan kamu temukan selain di daerah Tegaldi jalan raya Talang antara Tegal dan Slawi. Kuah soto yang biasanya bening atau bersantan, kali ini akan berwarna cokelat kehitam-hitaman, warna itu dihasilkan dari tauco. Bumbu dari kedelai yang difermentasi ini akan memberikan sensasi yang berbeda. Terdapat beberapa varian, ada soto ayam, soto daging sapi, soto babat sapi, dan campuran dari ketiganya.

 Warung soto Tegal yang terkenal bernama SOTO SEDAP MALAM BPK. DAAN JENGGOT yang berada di desa Talang kabupaten Tegal. Nyendok maning daging maning (nyendok lagi daging lagi) hehe.. Itu tandanya kalau dalam semangkuk soto terdapat banyak dagingnya. Kebayang nggak tuh?
Martabak Asin
Martabak AsinKenapa martabak asin masuk dalam daftar kuliner khas Slawi/Tegal? Martabak asin kan ada dimana-mana? Kalian tahu tidak kalau Tegal adalah daerah asal mula martabak asin ada di Indonesia?
Desa Lebaksiu  Kabupaten Tegal adalah daerah asal mula martabak asin, dari kota Slawi ke arah selatan sekitar 10 km sebelum kawasan wisata Guci, konon dulu terdapat pedagang dari Arab yang menjalin hubungan baik dengan orang Lebaksiu dan mengajarkan resep martabak khas Timur Tengah, mungkin karena disesuaikan dengan lidah orang Indonesia maka jadilah resep martabak asin seperti yang sekarang kita nikmati.
Cobalah mampir ke Lebaksiu untuk merasakan martabak asin yang asli, karena yang asli pasti rasanya akan lebih mantap daripada yang lain.
Itulah beberapa kuliner khas Slawi kabupaten Tegal yang pastinya menggugah selera makan kamu semua, jika ada yang mau berbagi makanan dari daerah lain, silahkan tinggalkan komentar kalian. Tertarik untuk mencoba?
Come on visit Slawi  2014 kabupaten Tegal!! Tegal adalah kota yang ngangeni lan mbetahi dan memang laka-laka!

2 thoughts on “Slawi Nikmatnya Es Lontrong, Tahu Pletok bersanding Wasgitel

  1. nahhh yang paling aku penasaran dari dulu itu soto tegal/sedap malamnya..
    pengen banget ddeh ke tegal untuk coba kuliner yang satu ini..
    berapa sih gan kisaran harganya?
    terimakasih😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s