Jangan Habiskan Uang THR Anda untuk Konsumsi Lebaran

Menanti THR 2013ITUNG ITUNGAN BONUS THR ANDA…Monggo di simak…
Kabeh..semua… do nunggu THR turun…. Jare Dwet Bonus tahunan…swenenge pwol…
Namun demikian….monggo di cermati itung itungan dwet THR kita…..
Semingsal gaji sampeyan seblulan 3 juta atau berapalah…nanti di itung dewe……..kalo di itung mingguan… sebulan ada 4 minggu, brarti sminggu gaji sampeyan 750 rb…lak njeh tow….
Sekarang coba di itung dalam setahun…..
Setahun ada 12 bulan…..gaji sampeyan..3 juta X 12 = 36 juta…
Kalo di itung mingguan maka setahun ada 52 minggu jadi harusnya gaji sampeyan itu 750rb X 52 minggu = 39 juta….. brarti ada selisih 3 juta…lak njeh tow…..
Jika sampeyan terima THR 3 juta tiap tahunnya….jangan seneng dulu….itu Duwet sampeyan sendiri yang sengaja ditahan perusahaan….. dan perusahaan trnyata ndak ngasih apa-apa…ya tooo…
Jika THR sampeyan dibawah selisih itu…… maka Sampeyan yang dirugikan …
Monggo di itung itung dewe…..
Tapi ndakpapa….itung itung mbedah celengane dewe…heheheh…. tapi perusahaan ngambil untung dari bunga sisa gaji sampeyan yang di simpen di bank….. Entah benar atau tidak perlu diteliti juga

Ucapan Lebaran 1434 H Ina Cookies BekasiSebentar lagi kita akan memasuki penghujung bulan Ramadhan kemudian merayakan Hari Raya Lebaran Idul Fitri. Sebagai tradisi, kebanyakan dari kita yang berprofesi karyawan akan menerima THR, mungkin plus bonus. Bagi sebagian pengusaha mungkin pusing bagaimana membayar THR karyawanya, tetapi ada sebagaian pengusaha yang kebanjiran cash flow dengan datangnya bulan Ramadhan yaitu : pengusaha makanan dan kuliner, pengusaha pakaian, pengusaha transportasi darat, laut dan udara, pengusaha kargo dll. THR adalah  uang extra, hanya di indonesia ada, THR di luar negeri adanya bonus, THR ini sering kali menggoda untuk belanja extra juga disaat Idul Fitri untuk konsumsi dan mudik ke kampung halaman dengan mobil baru, memberikan angpao ke saudara di kampung halaman, walau kenyataanya banyak yang tipuan mata. Semua itu dari berhutang atau uang THR.

Lihat saja menjelang lebaran pegadaian ramai sesak orang untuk mendapatakan cash flow (uang). Padahal islam mengajarkan kesederhanan dan tidak berlebih-lebihan dalam konsumsi ataupaun yang lainya. Tapi banyak juga yang bingung mau diapakan uang extra THR ini terutama karyawan perusahaan Asing yg gajinya rata-rata di atas 2 digit bagi staff biasa. Menurut pakar Financial Planner, tentu saja akan memberi  saran kan untuk tidak menghabiskan uang extra ini, tapi untuk dikembangbiakkan sebagai persiapan di masa depan atau diputar sehingga bisa memiliki bisnis sampingan yang profitable.

Ada baiknya untuk mempertimbangkan nasehat Pak Warren Buffet : “Don’t save what is left after spending, spend what is left after saving”. Beliau menkonfrontir antara gaya hidup dan kebiasaan berinvestasi. Nah budaya Investasi di masyrakat Indonesia masih minim. Jadi, sebaiknya gaya hidup mengikuti rencana keuangan dan target investasi, bukan sebaliknya: bayar sana-sini dulu lalu kalau ada sisa baru diinvestasikan.

Menurut praktisi keuangan Prita Ghozie, THR dihabiskan dalam sekejap bukan pilihan yang bijaksana. THR dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan keperluan ibadah juga loh. Contohnya pembayaran zakat harta yang belum sempat dikeluarkan. Nah loh punya harta gak mau zakat ! apa kata Dunia. Jangan lupa bahwa zakat harta harus dibayarkan sebelum Tahun Baru Hijriah berikutnya yang jatuhnya kira-kira pertengahan bulan Desember mendatang.

Kemudian, ingat juga kita akan berqurban saat Idul Adha yang tiba 2 bulan setelah lebaran. Beli Gadget baru 7-9 juta bisa masak kurban kambing 2-3 juta bagi yang muslim gak bisa! Apa kata Dunia. THR dapat disimpan di Tabungan untuk kemudian digunakan membeli hewan Qurban. Jadi, tidak ada alasan tidak punya anggaran untuk berqurban, bukan?

thr_emas_250Kalau dipikir, kebutuhan Lebaran memang sangat banyak, daftarnya panjang, antara lain biaya mudik, oleh-oleh atau hadiah buat saudara dan kerabat, renovasi rumah, kue lebaran, baju, sepatu, aksesori dan seterusnya. Namun Islam selalu mengajarkan kesederhanaan, Nabi Muhammad SAW dalam menyambut lebaran tidak bermewah-mewah, beliau malah jalan keluar mencari orang yang kekurangan, bahkan dalam suatu riwayat di idul fitri beliau mengangkat anak jalan/gelandangan untuk tinggal bersamanya dengan membelikan baju baru dan menjadi anggota keluarganya bersama Hasan dan Husein, jadi idul fitri sejatinya tidak identik dengan konsumsi yang berlebihan dan bermewah-mewah, tetapi adalah kepekaan dan kepedulian kepada sesama yang kekurangan.

Cara mengompromikan daftar panjang konsumsi lebaran  itu dengan budget, adalah mendahulukan prioritas pertama – kebutuhan terdekat – antara lain misalnya memberikan THR kepada para pekerja di rumah seperti pembantu rumah tangga, supir, pengasuh anak, dan mereka yang telah membantu kita melakukan pekerjaan rumah tangga saat kita bekerja di kantor. Atau bagi pengusaha UKM ya beriakn THR kepada karyawan yang telah membantu usaha kita, walau belum standar UMR yang berlaku. Bila kita mendapat THR dari tempat bekerja, mereka yang bekerja untuk kita juga berhak lho mendapatkan THR.

Priotitas kedua tentu saja menyiapkan makanan Lebaran. Bagi yang masih memiliki orang tua atau saudara dekat di kampung halaman, maka anggaran untuk mudik wajib disisihkan tetapi bukan sebuah kewajiban karena silaturahim dengan kedua orang tua bukan saat lebaran saja, setiap saat kita harus menjenguk orang tua kita  di kala ada kelonggaran waktu, tidak perlu tunggu lebaran. Jangan lupa masukkan juga biaya oleh-oleh dan bantuan untuk sanak saudara yang kekurangan ingat yang kekurangan bukan yang sudah berkecukupan. Bila dananya tidak ada, maka Anda dapat mengirimkan saja bantuan dana melalui transfer atau wesel. Mudik ke kampung halaman? Bisa ditunda untuk liburan berikutnya. Selain bebas dari kemacetan, umumnya harga kamar penginapan, harga tiket transportasi pun lebih murah saat musim sepi.

Pakaian baru, aksesoris dan hal-hal lain yang sifatnya kemewahan dapat ditunda lho. Bila terpaksa juga harus membeli, prioritaskan untuk keperluan anak-anak karena mereka sulit mengerti bila tidak mendapat barang baru. Nah, kalau dananya memang cukup maka tidak ada salahnya membeli baju baru untuk seluruh anggota keluarga.

Sikap bijak terhadap THR, penting kita ingat bahwa jangan habiskan seluruh THR hanya untuk kebutuhan jangka pendek! Sisihkan juga minimal 10% untuk tujuan keuangan yang akan jatuh tempo dalam 1 tahun sampai 3 tahun mendatang dan minimal 5% untuk investasi masa depan.

Setiap penghasilan yang diterima, termasuk THR, harus dapat disisihkan untuk:
1.    Zakat atau kegiatan sosial lain.

2.    Assurance dalam bentuk dana darurat dan kebutuhan proteksi.

3.   Present Consumption atau keperluan hidup saat ini (kebutuhan jangka pendek).
4.    Future Spending atau tujuan keuangan jangka menengah.

5.    Investment yaitu investasi masa depan.

saham-main-sahamKarena saya pernah mendapat pelatihan  mengenai investasi Saham Perusahaan Tbk  yang terdaftar di BEI, oleh praktisi saham BEI di kongres TDA jaksel di oenpao Kemang, maka saya melihat saham sebagai salah satu media investasi yang baik untuk jangka pendek dan jangka panjang. Untuk jangka pendek, sebaiknya pilih saham-saham yang likuid sehingga mudah untuk dijual setiap saat kita ingin menjualnya pada harga yang sesuai dengan strategy trading kita.

Sebagai investasi jangka panjang, tidak sedikit saham yang bisa dibiarkan saja berkembang biak dengan sendirinya tanpa perlu di”urus”. Berikut ini adalah beberapa saham yang baik, yang  return nya cukup baik di sepanjang tahun 2012 yang lalu. Artinya saham-saham ini kalau dibeli di awal tahun kemudian didiamkan saja selama 2012 dan pada akhir tahun 2012 memberikan hasil seperti di bawah ini (hasilnya sudah termasuk deviden dan capital gain):

Kalbe Farma  hasilnya 60%

Indofood CBP hasilnya 54%

Perusahaan Gas hasilnya 50%

Semen Indonesia hasilnya 42%

Telkom hasilnya 35%

Modal awal utk investasi saham juga lebih murah dari harga smartphone canggih. Misalnya Kalbe Farma per  tgl 5 Juli 2013 dibuka di harga Rp. 1400 per lembar, kalau nanti BEI menetapkan pembelian saham hanya minimal 100 lembar saja, maka modal awal untuk beli saham Kalbe Farma hanya Rp. 1,400,000 (satu juta empat ratus ribu Rp.) saja, kecil kan? Sangat murah untuk ukuran investasi yang jelas, dibanding investasi bodong atau investasi 2-3-5 kaki yang sesungguhnya adalah money game.

Bagaimana dengan resiko investasi saham? Seperti halnya investasi di instrumen manapun, semua pasti ada resiko. Oleh karena itu penting untuk mempelajari managemen resiko. Untuk instrumen saham, manajemen resiko dilakukan dengan membeli saham perusahaan yang memiliki fundamental baik dengan prospek usaha yang cerah. Kemudian dilakukan analisa teknikal untuk menentukan saat yang tepat untuk membeli saham, sehingga memastikan bahwa kita membeli saham yang baik pada saat yang tepat, sehingga keuntungan lebih maksimal. Jadi sebaiknya dalam berinvestasi, kita tau persis apa yang sedang kita lakukan, jangan hanya ikut-ikutan atau latah. Perusahaan Sekuritas yang baik pastinya memberikan training agar investor menjadi lebih cerdas. Dengan demikian, THR kita akan dapat kita nikmati hasilnya dalam nilai yang lebih besar di kemudian hari, dari pada sekedar untuk hura-hura sesaat.

Mari berinvestasi di perusahaan milik negeri sendiri! Stop konsumsi berlebih-lebihan saat lebaran, jangan sampai terjebak dalam hutang .saatnya hidup sederhana dan membeli perusahaan dalam negeri. Sehingga aset bangsa tidak dikuasai asing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s