Hidayat Nur Wahid: Sikapi Perbedaan 1 Ramadhan dengan Bijaksana

HidayatJAKARTA – Mantan Ketua MPR KH Hidayat Nur Wahid mengimbau masyarakat untuk tidak bingung dalam menyikapi perbedaan penetapan tanggal 1 Ramadhan 1434 Hijriyah antara warga Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.
“Perbedaan penetapan tanggal 1 Ramadhan hendaknya disikapi secara bijaksana sebagai pendewasaan umat Islam di Indonesia,” kata Hidayat Nur Wahid .Warga Muhammadiyah sudah menetapkan tanggal 1 Ramadhan 14324Hijriyah pada Selasa ini, sedangkan Nahdlatul Ulama (NU) menetapkannya pada Rabu (10/07) berdasakan hilal dan ditentukan sidang isbat.Damai Itu Indah NU VS MU

Menurut Hidayat Nur Wahid, jika waktunya berbeda karena cara penetapannya juga berbeda, yakni Muhammadiyah berdasarkan perhitungan hisab sedangkan NU berdasarkan perhitungan hisab dan rukyat.”Meskipun ada perbedaan, tapi hendaknya jangan mempersoalkan perbedaannya tapi harus mencari persamaannya,” katanya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menjelaskan, dalam kehidupan beragama banyak hal yang tidak sepenuhnya sama, seperti zakat dan penyelenggaraan haji. Karena fiqh, memberi ruang untuk sesuatu yang berbeda, tapi semangat kebersamaan ” ukhuwan islamiyah” lebih penting.Menurut dia, perbedaan ini hendaknya disikapi sebagai semangat Bhinneka Tunggal Ika yang akan lebih menguatkan bangsa Indonesia.

Nikmat kemerdekaan
Sementara itu, Hidayat mengajak umat Islam untuk banyak bersyukur kepada Allah SWT karena telah banyak menerima nikmat termasuk nikmat kemerdekaan.Menurut dia, betapa kemerdekaan adalah nikmat dan karunia dari Allah SWT yang harus disyukuri. “Jika kita perhatikan nasib kaum Muslimin di berbagai belahan dunia yang sampai saat ini masih harus berjuang, seperti di Palestina dan Suriah yang terus bergolak terjadi perang saudara,” katanya.

Ada juga negara yang sudah lama merdeka, kata dia, tapi gagal mengisi dan menjaga kemerdekaannya, karena selalu terjadi konflik destruktif berkepanjangan seperti di Somalia, Mesir dan Libya .

“Alhamdulillah Indonesia sudah merdeka dan secara prinsip tetap dapat menjaga kemerdekaannya,” kata Hidayat. Mari isi nikmat kemeredekaan dengan saling rukun sesama umat seagama dan beragama demi kemajuan bangsa, masih banyak PR Kemiskinan umat dan Moral umat (koruptor) yang harus dibenahi.

Jadwal Imsakiyah 1434 H Ina Cookies Bekasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s