Rezeki dipatok Ayam, Mitos atau sebuah Fakta!

Ayam makan

Dulu kakek saya selalu bilang “ srengengene wis dhuwur, jam semene esih ngorok. Rezekeni dipatoki Ayam “ (Matahari sudah tinggi, jam sudah siang masih tidur, rezekinya di patok Ayam)

Itulah Nasehat kakek semasa saya kecil kepada cucu-nya yang bila bangun kesiangan.memang rumah kakek dan anak-anak saling berdekatan rumah besar itu dikelilingi oleh rumah anak-anak kakek, ya sudah menjadi ciri rumah di desa ( maklum rata-rata tanah masih luas) kakek sering menyambangi satu persatu  anak-anaknya dan cucu-cucunya. Dan kakek memang sedikit rewel kepada cucu dan anak-anaknya.

rezeki  di patok ayamKira-kira itulah kalimat yang pernah saya dengar. Sebuah kalimat yang bermaksud untuk memotivasi seseorang agar bangun pagi-pagi untuk kemudian melakukan berbagai aktifitas, khususnya menjemput rezeki yang takarannya sudah ditentukan oleh Allah.Padahal Rezeki ada 3 : Rezeki yang di Jamin (Makan 3 kali sehari), Rezeki yang di Takar (Pekerja kantoran), dan Rezeki yang Digantung( Wirausaha) Tapi kenapa ayam yang dijadikan saingan manusia, bukankah masih banyak binatang lain di muka bumi ini? Lantas, Apa benar ayam bisa mengambil rezeki manusia?

Ayam dijadikan saingan manusia dalam menjemput rezeki mungkin karena binatang yang satu ini membuka matanya lebih awal dari manusia. Ketika manusia masih memejamkan matanya dengan balutan selimut hangat di atas kasur yang empuk, ayam jago sudah berkokok sebelum subuh jam 3 pagi sebagai pertanda lahirnya hari baru. Ayam betina pun mengajak anak-anaknya untuk mengais makanan.

Ayam tidaklah mungkin mengambil alih rezeki manusia. Ayam dan manusia punya jatah rezeki masing-masing. Yang mungkin terjadi adalah rezeki manusia yang telat bangun, akan diambil orang orang yang bangun dan beraktifitas lebih dahulu. Kemungkinan lain adalah manusia yang telat bangun, rezekinya akan berkurang, walaupun tak diambil oleh orang lain.

Rasulullah SAW bersabda : “Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan.”

(HR. Ath-Thabrani dan Al Bazzar)

Saya dulu gak percaya kalo bangun siang itu rejekinya bisa dipatok ayam. Soalnya di sekitar saya sekarang bekasi  gak ada ayam berkeliaran( ada sih tapi gak banyak). Hehehe… Maksud rejeki dipatok ayam sebenarnya rejekinya hilang. Itu hanya makna konotasi saja.

Saya termasuk orang yang hidupnya terbalik. Kalo malam begadang & kerja, ya dapatnya kerja dari sore jam 5 sampai jam 1 dinihari, kalo pagi tidur sampe siang. Ya beberapa orang menyebutnya kalong. Memang begadang di malam hari sambil mengerjakan sesuatu membuat pikiran lebih fresh karena suasana malam sepi & sunyi ( hening). Bagi saya, bekerja itu sesuka saya. Kapanpun, di manapun, dan bagaimana pun juga.

IMG00339-20130326-0913Tak adanya office hour ( 8-5 clock) membuat pekerjaan saya itu menjadi nyaman sekali. Kadang, tiap hari itu serasa liburan yang menyenangkan. Pastinya, setiap pagi tetangga-tetangga sesudah subuh sudah mulai mengeluarkan & memanasi motor dan mobilnya sampe ribut-ributnya soal atribut mereka. Sementara saya santai minta ampunhabis subuh masih di atas kasur sambil twitteran pake BB kadang tidur lagi. Ya memang tetangga saya orang kantoran semua, jadi ya pagi-pagi sudah berangkat. Saya sendiri juga orang kantoran, tp kantornya gak ada jam buka & tutupnya artinya 24 jam karena kantor saya adalah media dan saya kebagian jaga malam ( satpam kali jaga malam). Dan jam 7 saya bangun urus halaman, berkebun lihat padi hitam yang sudah mulai mbunting padi atau memetik bunga turi untuk bahan pecel warung pecel madiun kembang turi “ Pondok Citra Saung Lesehan” punya mertua.

Ternyata, bangun pagi itu lebih menyehatkan loh. Coba ikuti penjelasan berikut ini.

Bangun tidur pagi tak hanya sekedar mendukung pepatah orang jaman dahulu, “kalau bangun siang rezeki bisa dipatok ayam”. Namun, bangun pagi juga memberikan keuntungan bagi kesehatan Anda.

Bangun pagi memberi kesempatan tubuh untuk menghirup udara segar dengan tingkat polusi rendah. Kualitas oksigen yang baik ini akan memaksimalkan fungsi kerja otak, mencegah kerusakan paru-paru, memperlancar peredaran darah, dan meningkatkan kekebalan tubuh.tahu sendirikan kualitas udara di JABODETABEK ini kan udah banyak polusi, Jakarta adalah kota dengan tingkat polusi udara terburuk ketiga di dunia setelah Meksiko dan Thailand., nah loh…… Menurut Deputi Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Ahmad Haryadi, Senini. “Lingkungan hidup menjadi permasalahan serius di Jakarta. Bahkan buruknya kualitas lingkungan menempatkan Jakarta sebagai kota terburuk ketiga dunia,” katanya.Makanya saya rajin berkebun dan menanam pohon, fungsi pohon kan salah satunya menyerap polusi dan menyimpan air hujan.

kembang turi merahTak hanya itu, bangun pagi juga memberi kesempatan bagi tubuh untuk menerima paparan sinar matahari yang penting untuk tulang. Berjemur dibawah paparan sinar mentari pagi sebelum pukul 09.00 dianggap baik guna memenuhi kecukupan kalsium dan vitamin D, apalagi sambil berkebun mencangkul dan  menyiangi rumput.mengeluarkan keringat dengan aktivitas fisik juga bagus untuk tubuh karena keringat adalah proses pengeluaran toksin dan zat –zat bunag yang tidak diperlukan tubuh selain urine dan feces.Lihat aja para petani sehat-sehat jarang sakit, paling flu dan pilek.

Peneliti dari Roehampton University di Inggris juga menyimpulkan kalau bangun pagi membuat tubuh lebih sehat, mood yang baik, dan membuat orang memiliki indeks massa tubuh ideal. “Mereka yang bangun pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia,” ungkap peneliti Dr Joerg Huber, yang dikutip melalui Medicmagic (2/2).

Membiasakan diri bangun pagi juga memengaruhi indeks massa tubuh yang berkaitan dengan kesempatan sarapan. Orang yang bangun pagi cenderung memiliki waktu cukup untuk sarapan sehingga asupan makan lebih terkontrol.Jika Anda tidak sarapan, metabolisme akan melambat untuk menghemat energi. Kondisi ini justru akan membuat seseorang makan dalam porsi besar pada siang dan malam hari. Jadi, bagi Anda yang ingin langsing, jangan pernah melewatkan sarapan.Tapi kalau di JABODETABEK orang gak sempet sarapan , bahkan bisa dibilang sarapanya sambil lari dalam mobil…..padahal sarapan butuh ketenangan dan tubuh yang rileks sehingga tidak terburu-buru proses mengunyah yang sempurna.

Tak hanya itu, bangun pagi juga membantu kehidupan seksual bagi pasangan. Hal ini terkait fakta ilmiah yang mengatakan bahwa hasrat bercinta pria pada pagi hari lebih tinggi daripada malam hari. Wah ini bagus buat yang sudah memiliki pasangan.

Sekarang coba kita bandingkan dengan pola tidur Rasulullah yang sudah dilakukan sejak dahulu kala dalam era belum secanggih dan semodern seperti saat ini.

Pola tidur Rasulullah

Memelihara tidur adalah penting bagi kita manusia .Tidur adalah mekanisme penting yang bertujuan memberikan kesempatan tubuh agar beristirahat secara total . Istirahatnya organ-organ pencernaan, otot rangka, panca indra , dan otak sebagai alat berpikir,  akan memberikan kesempatan tubuh untuk memfokuskanseluruh sumber dayanya untuk revitalisasi dan rejuvenasi sel-sel tubuh. Orang yang cukup tidur akan awet muda dan badannya sehat. Sedangkan gangguan tidur akan membuat seorang menjadi tidak bugar dan tidak sehat jadi betapa pentingnya memelihara tidur.

Ada 3 hal penting yang sangat perlu di perhatikan dalam hal tidur:

Kapan Kita Harus Tidur

Rasulullah Saw mengajarkan tidur secepatnya, yaitu sekitar jam 9 malam dan bangun cepat yaitu pada 1/3 malam,sekitar jam 3 pagi. Keadaan bangun menjelang subuh dimanfaatkan untuk shalat Tahajud, membaca Al-Quran, dan bermunajat kepada Alah SWT. Sepanjang hayatnya Rasulullah SAW  tidak pernah meningalkannya. Shalat Tahajud juga merupakan satu-satunya shalat sunah yang disebutkan secara  eksplisit dalam Al-Quran .Bahkan Allah SWT menjanjikan kedudukan yang terpuji bagi pelaksanaan sholat Tahajjud. Jadi memelihara Tidur merupakan agar kita bisa beribadah dengan nyaman.

Allah SWT menciptakan malam hari sebagai waktu untuk istirahat .Meskipun begitu, tidur bisa dilakukan diluar waktu itu bila kita mengalami kelelahan atau kita menerima ujian Allah SWT berupa sakit.

Berapa lama Kita Harus Tidur

Penelitian kedokteran yang masih berpegang kepada teori lama menunjukan bahwa lama ideal orang dewasa adalah berkisar 6-8 jam .Peneliti kedokteran terbaru, bangun  1/3 malam yang di ikuti sholat tahajud akan memperbaiki kekebalan tubuh melatih kemampuan seseorang meyesuaikan diri terhadap perubahan irama sirkadian. Shalat tahajjud yang dilaksanakan dengan tulus, khusyu, dan kontinyu akan membuat kadar GABA, Kortisol, dan reseptor antagonisnya menjadi normal, membebaskan kita dari stress, meningkatkan kekebalan tubuh, bahkan membantu dalam pengobatan kanker.

Posisi Tidur yang dianjurkan Rasulullah SAW adalah miring ke kanan dengan tangan diletakkan mengganjal  kepala. Posisi miring  ke kanan adalah menjaga agar selama tidur kita tidak melakukan penekanan organ lambung dan jantung. Seperti diketahui bahwa di dada sebelah kiri ada 2 organ besar yang vital yaitu jantung dan lambung. Pada saat awal berbaring, Rasulullah sesekali memiringkan badannya ke kiri dalam waktu sebentar, dengan tujuan  membantu mencairkan bahan makanan di lambung agar tidak menggumpal.

Adapun penggunaan tangan untuk mengganjal kepala adalah agar jika kita tidak tidur miring ke kanan tidak membebani bahu kanan kita. Ketika bangun tidur, Rasulullah  Saw berdiri sejenak, lalu berjalan .kemudia segera minum air, dilanjutkan dengan bersiwak, baru kemudian wudhu dan melakukan sholat malam.

BatmanSecara teori bangun tidur pagi itu memang terlihat mudah & menyenangkan, tetapi prakteknya ternyata susah sekali, Apalagi seperti saya si Manusia kelelawar (BAT-MAN). Selamat mencoba bangun pagi.

Salam Sukses Mulia,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s