Marketing Plan For UKM

Materi-ELC-Des marketing Plan for UKMSalah satu alat ampuh dalam bisnis apapun adalah rencana pemasaran (marketing plan) yang telah disusun. Biasanya rencana pemasaran ini menjadi bagian penting dari sebuah business plan perusahaan baik itu perusahaan besar ataupun UKM.Tentunya rencana pemasaran yang dimaksud di sini bukanlah naskah teoritik yang biasa dibahas di kampus. Rencana pemasaran bagi sebuah bisnis itu jangan panjang-panjang. Sederhana saja, kalau bisa tidak lebih dari selembar.Dari lembar rencana pemasaran itu seharusnya terjawab hal-hal berikut ini: siapa/apa perusahaan Anda, apa yang dikerjakan perusahaan, siapa yang membutuhkan produk atau jasa perusahaan, lantas bagaimana Anda menarik perhatian pihak-pihak yang butuh ini. Naskah rencana pemasaran ini ibarat perpaduan antara perencanaan dan rencana aksi.

Nah bagi anda pelaku UKM yuk simak baik-baik Marketing plan For UKM di bawah ini oleh Hermas Puspito dari ELC Consulting: Untuk membacanya anda harus memiliki software Adobe Acrobat untuk melihat file dibawah ini.

Materi-ELC-Des marketing Plan for UKM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s