The Money is You. Oleh Bung Ali Akbar, pakar SEO

show-me-the-moneyJakarta, JIExpo Kemayoran, Growing Zone A, Pesta Wirausaha, 9 februari 2013. Berbicara tentang ilmu SEO (Search Engine Optimation) adalah hal yang sangat menarik yang diburu oleh para Entrepreneur pemula maupun yang sudah expert  untuk meningkatkan Branding Awareness Usahanya dan meningkatkan omset usaha. Karena dengan ilmu SEO mereka pasti ingin website usahanya ada di halaman 1 mbah Google, sehingga kesempatan usaha mereka untuk tumbuh adalah lebih besar. Ini wajar karena hampir 70% para pencari barang di internet menggunakan search engine, bagi para pemula SEO adalah tool yang sangat bermanfaat “ Low Budget High Impact” terhadap produk dan usaha mereka.  Tapi SEO bukanlah segala-galanya karena berada di halaman 1 tidak otomatis menjamin produk anda akan laris manis bak kacang rebus di tontonan layar tancap.

Menurut Bung Ali Akbar, pakar SEO! SEO adalah Ilmu Optimasi. Ilmu Optimasi adalah anda sendiri plus Mentor SEO ( bisa belajar secara otodidak, atau ikut trainingnya Ali Akbar, pakar SEO atau lainya).Dan Ilmu Optimasi itu sendiri= Ilmu keberuntungan.

  1. Orang Bodoh kalah sama orang Pintar, artinya bila anda memiliki usaha dan tidak memiliki website usaha anda, atau tidak punya akun jejaring sosial usaha anda baik di Facebook atau twitter. Berarti anda adalah seorang pengusaha yang bodoh.
  2. Orang Pintar kalah sama orang Cerdas, artinya bila anda sudah pintar, usaha anda sudah punya website dan akun jejaring sosial tetapi saat kita ketik melalui search engine google ada dihalaman satu dan no 1 namun di deskripsi tidak ada nama anda dan no telp anda tercantum yang bisa dihubungi. Anda belum disebut  sebagai pengusaha yang cerdas.
  3. Orang Cerdas kalah sama orang Beruntung (bejo), artinya bila anda sudah masuk halaman satu, ada no contact di search engine tetapi bisnis anda hanya berorientasi  pada uang semata dan anda tidak pernah berbagi kepada sesama/CSR. Rezeki itu Misteri Allah Swt, dan kematian itu pasti. Usaha harus dibarengi dengan perilaku mulia saling berbagi kepada sesama tanpa melihat suku, agama, ras dan golongan. Bila itu telah anda lakukan maka Allah akan membalas dengan Rezeki yang anda tidak duga yang datangnya dari segala arah. Depan, belakang, kanan, samping, atas bawah seperti doa-doa anda saat sholat Dhuha. “ isi dengan doa sholat Dhuha”.

doa sesudah sholat dhuha

Saat anda berkunjung ke search engine google ada 2 tombol button dibawah pencarian yaitu: google search dan i’m felly lucky.

Pencarian-Google

Ilustarsi Gambar tombol button dibawah pencarian google.

Umumnya saat kita akan melakukan pencarian dengan menggunakan Google, ketika selesai mengetikkan keyword atau kata kunci yang bakal kita cari, kita bakal langsung menekan tombol “Search” atau “Telusuri dengan Google” (atau bisa juga agan langsung menekan Enter di keyboard ) abis itu Mbah Google bakal menampilkan halaman hasil pencarian atau Result Page yang bakal menampilkan berbagai macam website/blog sesuai dengan kata kunci yang agan cari.

Namun bila agan menekan tombol “Saya Lagi Beruntung” atau “I’m Feeling Lucky” maka Google bakal menskip menampilkan Result Page ini dan langsung menuju ke Website yang berada di posisi tertinggi dari kata kunci yang agan cari, Misal kalau agan memasukkan kata kunci “Microsoft” untuk pencarian dan kemudian menekan tombol “Saya Lagi Beruntung” atau “I’m Feeling Lucky” maka agan bakal langsung dibawa ke situs resmi Microsoft (microsoft.com)

Tombol “Saya Lagi Beruntung” atau “I’m Feeling Lucky” sangat berguna bagi agan terutama bila agan merasa yakin bahwa hasil pencarian akan langsung menuju sasaran sesuai dengan yang agan inginkan. Dengan begitu agan bisa menghemat waktu, dengan tidak harus melihat/melalui “Result Page” terlebih dahulu.

Menurut Ali Akbar, pakar SEO:

“Orang pintar melihat pengeluaran dan orang cerdas membuat pemasukan”, jadi fungsikan tool yang anda sebagai mesin uang anda, handphone, blackberry, android dan Ipad anda untuk menghasilkan uang. Bukan sebagai pengeluaran uang sudah belinya pakai kartu kredit, mencicil sampai dikejar-kejar debt Collector tidak menghasilkan uang pula. Alamak Apa kata Dunia? Sebagai  seorang entrepreneur anda dituntut untuk menghasilkan uang dari keterbatasan yang ada.

Jadi untuk menjadi No 1 di google harus tahu ilmunya dan butuh proses tidak ada cara yang instan, setiap website usaha anda harus ada nama anda, no handphone di deskripsi website di search engine, sangat-sangat penting meletakkan no handphone di google, sehingga calon konsumen anda langsung bisa kontak dengan anda.Tetapi kalau anda pasang PPC jangan letakkan no handphone anda di google karena google mencari uang dari sini.

Ali Akbar,”dulu saya agak “serakah”, maksudnya kalau ada orang butuh sesuatu untu optimasi website usahanya, saya tanyakan kepada pemilik produk yang diinginkan.” “saya ada order nih dari produk anu saingan ente,  ente berani berapa komisinya buat saya?.” itu dulu masa lalau, setelah berhenti  dan mereneung sejenak,”sekarang kalau ada orang butuh sesuatu, saya langsung memberikan order tersebut tanpa tanya berapa komisi buat saya.” terus lanjutnya,”dan ternyata rezeki saya malah makin bertambah dan bertambah.” DAHSYAT. Indahnya berbagi dan membantu Allah SWT kirimkan rezeki yang terduga dari segala arah kepada saya.

SEO adalah Optimasi=

  1. Mesin pencari
  2. Jejaring Sosial
  3. Perangkat bergerak

Ini hanya 3 dari 22 jurus optimasi dengan 3 ini saja bila anda mempelajarinya dan mempraktekanya maka anda akan menikmati buah manisnya bagi usaha anda.Bisnis itu adalah perang maka menangkanlah dengan Ilmu dan keberuntungan dan anda sendirilah penentu kemenangan itu. Sebagai UKM anda jangan mengasosiasikan sebagai usaha kecil menengah, itu salah. Atribut itu hanya ada pada orang bodoh, bagi orang pintar dan cerdas serta beruntung UKM itu adalah “Usaha Kreatif Milyaran” kalau anda ingin besar tanamkan dibawah otak bawah sadar anda disertai dengan inovasi dan kreatifitas produk anda, marketing anda dan manajemen pemasaran anda.

Jika anda disodorkan pertanyaan memilih Ikan  atau kail mana yang akan anda pilih? Ikan atau kail. Bila anda menjawab satu atau kedua-duanya, itu salah anda tidak akan pernah menjadi entrepreneur yang berhasil. Buatlah kolam untuk ikan-ikan yang akan anda kail dan panen  untuk mengisi pundi-pundi anda, artinya ciptakanlah pasar produk anda atau amati sekitar anda apa yang dibutuhkan disekitar lingkungan anda itulah gunanya riset pasar dalam dunia usaha.

  • Tahun 2000 , the money  in the web. www{namaanda}.com anda wajib punya domain nama anda didunia maya. Kalau belum anda tertinggal 13 tahun dibelakang ayao kejar dan laksanakan.
  • Tahun 2001, the money is in the web, namun disini adalah banner domain anda dipasangi oleh banner iklan dan dari banner itu anda mendapatkan penghasilan dari internet atau domain anda.
  • Tahun 2005, the money is not in the web but the money is in the Search Engine. Produk atau usaha anda harus bisa ditemukan oleh mesin pencari bisa google, bing dll.
  • Tahun 2007, the money is not in the web but the money is in the Social Media. Ditandai dengan runtuhnya Friendster, mulailah lahirnya facebook dengan fasilitas pagenya yang bisa digunakan untuk bisnis anda yang mampu menjangkau seluruh dunia.
  • Tahun 2009, the money is not in the web but the money is in the Community, buatlah komunitas untuk pasar produk anda dan bergabunglah dengan komunitas bisnis seperti TDA untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat, jaringan untuk memperbesar bisnis anda.
  • Tahun 2010, the money is not in the web but the money is in the Mobile, ditandai dengan lahirnya perangkat bergerak seperti balckberry, android dengan perangkat mobile anda pun bisa berbisnis dimanapun anda berada apakah sedang liburan, sedang pulang kampung atau sedang dimanapun dibumi ini.
  • Tahun 2013, the money is in the video dengan menjamurnya perangkat gadget  dengan kameranya anda harus bersiap-siap untuk mengakses domain .TV apa yang ada lihat dan temui bisa langsung diupload ke .TV

Menang berarti punya solusi, dan solusi itu terdekat dan tercepat. Setiap ada masalah harus ada solusi. Apakah produk atau bisnis anda memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi konsumen?

Video kegunaan google maps ketika  konsumen menemui masalah dijalan.Maka bisnis anda solusi bagi mereka, jadi penting bisnis anda mudah ditemukan di google maps.

Peting bagi usaha atau bisnis anda terdapat di google maps, sehingga konsumen akan lebih cepat menemukan bisnis anda jika memang bisnis anda adalah solusi bagi mereka.Sebagai pedagang atau pebisnis anda harus mempunyai tiga sikap ini:

  1. Simpan
  2. Hitung
  3. Analisa

Orang kaya Nol-nya banyak, Orang berkelimpahan Nol-nya Unlimitted beruntung kehidupanya. Saat ada masalah dia adalah solusinya. Ada SEO ada SEM (Search Engine Marketing) ada juga SMM ( Search Media  Marketing).Nah itulah sekilas ilmu yang saya tangkap dari Bung Ali Akbar, pakar SEO semoga bermanfaat ilmunya bagi saya dan bermanfaat bagi anda yang membacanya. Semoga Allah memberiakn balasanya yang setimpal karena ilmu yang tidak diamalkan akan menjadi beban di akherat kelak bagi yang memilikinya namun tidak mau mengamalkanya.

Ali Akbar, The Money is You

Bung Ali Akbar, pakar SEO berpesan ” Rezeki itu Misteri, Tapi Mati itu Pasti”. Selamat berjuang untuk bisnis anda tapi jangan lupakan

juga untuk akhirat anda. Salam Sukses Mulia!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s