Obat Sehat Pada Nasi Pecel

pecel sebagai obat penyakit

Siapa yang tidak mengenal yang namanya Nasi Pecel, bagi yang belum mengenal nasi pecel, penulis kenalkan terlebih dahulu. Nasi Pecel adalah nasi yang dicampur dengan sayuran seperti kacang, bayam, kenikir, kembang turi atau daun pakis pilihan dan dicampur dengan bumbu khas yang terbuat dari kacang dan sedikit cabai bagi yang suka pedas. Pecel juga disebut sebagai saladnya Indonesia, Pecel banyak macamnya, dan diberbagai daerah pecel ditambahkan dengan nama kota masing-masing daerah. Ada pecel blitar, pecel malang, pecel jogja, pecel madiun, pecel pati dan sebagainya namun yang cukup terkenal dan populer  senatero indonesia adalah pecel Madiun.

Nah, rasanya pun yang khas dan nikmat membuat seseorang menjadi ingin dan ingin nambah, apalagi disertai dengan kerupuk renyah atau rempeyek, serta di lengkapi dengan teh hangat dan telur asin. Hmm maknyuss kata pak bondan.Nah, lalu apa hubungannya Nasi Pecel dengan Obat dan penyakit. Yuuk, kita bahas sedetailnya. Dilihat dari bahan-bahan yang ada pada pecel, tentunya bahan-bahannya adalah bahan-bahan yang menyehatkan. Seperti contoh, sayur-sayuran hijau, dan kacang-kacangan.Bahan untuk membuat pecel adalah bahan-bahan yang benar-benar bermanfaat bagi tubuh dan tentunya dapat meningkatkan kesehatan. Sayur-sayuran banyak sekali vitamin yang terdapat padanya, apalagi sayuran hijau, lebih kaya lagi vitamin yang terkandung didalamnya. Pasti semua sudah tau, apa manfaat vitamin dari sayuran.Sayuran selain mengandung vitamin juga mengandung zat-zat yang sangat diperlukan tubuh, seperti zat besi, magnesium , zat kapur dan fosfor. Tentu manfaat sayur ini adalah meningkatkan metabolisme tubuh dan memberikan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Tidak hanya itu, bahan untuk membuat nasi pecel adalah nasi, yang tentunya mengandung karbohidrat yang memberikan energi bagi tubuh. Dan yang paling penting dari nasi pecel adalah bahan bumbunya, yang terbuat dari kacang-kacangan. Umumnya, adalah kacang tanah, kacang tanah yang sudah ternoda karena sebuah mitos yang mengatakan bahwa kacang tanah dapat menyebabkan jerawat itu tidak enar, justru sebaliknya, kacang yanga bisa dibuat sebagai pelembut wajah.Ini dia Obat Sehat Pada Bumbu Pecel, sebelum menginjak lebih jauh manfaatnya, adakalanya penulis memberikan sedikit informasi tentang kandungan yang terdapat pada bumbu pecel, yang penulis fokuskan adalah pada kacang tanahnya. Kacang tanah merupakan tanaman polong-polongan atau disebut juga dengan nama legum dari famili Fabaceae dan mempunyai nama dari bahasa yunani Arachis hyphogaea L. dan nama dari bahasa inggrisnya adalah peanut.

Kacang tanah sangat kaya sekali dengan lemak dan proteinnya dan dilengkapi pula dengan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, kalsium, fosfor, lesitin, kolin dan zat besi. Kandungan yang kaya adalah lemak dan protein, lemaknya sekitar 40-50% sedangkan proteinnya sekitar 30% lebih besar daripada protein yang terdapat pada daging dan telur.Ada yang ketinggalan, kandungan pada kacang tanahpun juga sangat kaya, antara lain adalah: Omega 3, fitosterol, arginin dll. Waww, luar biasa sekali. Dari sekian banyaknya zat dan kandungan yang terdapat pada kacang tanah yang kecil dan mungil itu, sangat bermanfaat sebagai obat:

Terlepas dari itu semua, manfaat kacang tanah sangatlah besar, kcang tanah yang mengandung lemak, protein, karbohidrat, vitamin dll. Juga memberikan manfaat yang sangat besar sekali. Apa saja manfaatnya,..

Mengatur gula darah
Mencegah batu empedu
Mencegah Depresi
Meningkatkan daya ingat
Mencegah penyakit jantung
Menurunkan berat badan
Dan masih banyak lainnya

Nah, sudah tau kan manfaat masing-masing bahan dari nasi pecel. Nasi Pecel adalah Obat, obat yang dikemas dalam bentuk yang enak, nikmat dan mantap, sehingga orang tanpa sadar jika makan nasi pecel dapat menyehatkan tubuhnya. Dan yang harus diingat, Jangan berlebihan, karena sebaik apapun makanannya, jika berlebihan tetap akan menyebabkan penyakit.

Demikian pembahasan yang singkat ini, semoga bermanfaat dan salam sehat. Dan maju terus kuliner Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s