Mendapatkan & mempertahankan Pelanggan Tanpa Banting Harga

Berkompetisi untuk mencari pelanggan dengan cara perang harga dengan kompetitor, merupakan hal yang sudah biasa di Dunia Bisnis biasa disebut dengan red ocean, yang menjadi tantangan adalah, bagaimana caranya agar pembeli tetap menjadi pasar wirausaha kita tanpa harus ikut membanting harga seperti kompetitor. Berikut kiat bagaimana caranya merebut hati pelanggan tanpa harus Membanting Harga ;

  1. Berikan pelayanan terbaik pada konsumen agar mereka menjadi pelanggan setia anda, Belajar dari bisnis yang sudah besar. Mereka ternyata memfokuskan pelayanan yang baik pada customer-nya. Itu yang membedakan dengan perusahaan atau bisnis lain yang serupa.Service Excellence is numero uno.
  2. Promosi besar-besaran bukanlah jaminan banyaknya customer akan datang ke sebuah tempat usaha, Promosi hanya mengundang customer pertama kali saja, selanjutnya customer akan melakukan penilaian. Kalau pelayanannya tidak bagus, ya mereka akan pergi mencari tempat lain yang memberikan service excellence, bahkan pelanggan rela membayar lebih mahal lihat starbuck, KFC dll. Jadi promosi besar-besaran akan percuma tanpa ada pelayanan yang baik.Layaknya pepatah lama,pengelola usaha harus memperlakukan konsumen sebagai raja. Strategi jadikan konsumen raja’ yaitu berhasil mengambil hati konsumen. Meski menetapkan harga lebih tinggi, tetapi tetap dibeli bahkan lebih lama dalam bisnisnya, wirausaha yang sukses adalah yang bisa mengambil hati konsumennya. Apalagi esensi bisnis adalah menciptakan konsumen, menjaga konsumen dan menciptakanya.
  3. Dengarkan keluhan pelanggan dan segera respon dengan baik kekurangan yang disampaikan oleh pelanggan, sesungguhnya kita harus berterimakasih kepada pelanggan yang mengkritik kita karena itu demi kemajuan usaha kita.

Selain beberapa hal diatas, berikut poin-poin yang harus dipuaskan oleh para pengelola usaha kepada pelanggan;
Ada tujuh service bites yang harus dipenuhi. Diantaranya, akses, kompetensi, keramahtamahan, responsif, kecepatan dan keamanan.

Akses misalnya, sebuah tempat usaha akan ditinggalkan jika sulit dijangkau oleh konsumen, baik dari letak fisik, telepon atau online akses wensite yang cepat. Tempatnya harus mudah dicari dan punya tempat parkir, kalau tidak akan susah. Telepon juga harus selalu bisa dihubungi, kalau tidak, konsumen jadi malas. Sms atau BBM harus cepat direspon, karena kualitas barang nomer satu namun jika respon cepat pelayanan mengecewakan pelanggan akan pergi.

Untuk kompetensi, karyawan di sebuah tempat usaha sudah seharusnya mengetahui info produk, produk knowledge dan dapat menjelaskan pada konsumen dengan simple dan jelas. Kalau ditanya kenapa batiknya lebih mahal, jangan jawab tidak tahu. Pemilik tempat usaha harus men-training karyawannya untuk ini. Tak hanya info produk, karyawan juga harus memiliki karakter yang ramah, responsif dan mampu memenuhi harapan konsumen. Selamat Mencoba Semoga bisa Menjadi Pengusaha yang Sukses tanpa harus banting harga dengan kompetitor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s