Kurban Kakek, Penjual Pinggir Jalan

Kisah Inspirasi Qurban..

» QURBAN SANG KAKEK

Saya punya cerita yang mudah-mudahan bisa ngenggugah hati temen-temen, true story loh, and kalau Idul Adha pasti ngingetin Saya…akan kakek saya ( Dia Maha Kasih dalam memberi peringatan pada hambaNya)


Suatu siang yang panas di tempat penjualan kambing kurban di sebuah kota kecil di jawa tengah, waktu itu seorang PNS muda minta ditemeni beli kambing untuk aqiqah putrinya… setelah pilih-pilih kambing, Saya liat kambing yang paling bagus ‘n gemuk, temen Saya nawar harganya, ehh … ternyata terlalu mahal untuk ukuran kantong temen tsbTiba-tiba datang seorang kakek  tua bersama cucunya berboncengan sepeda, kira-kira berusia  diatas 70 tahunan, ternyata dia mau beli kambing juga. dan memilih kambing yang Saya pilih . Iseng-iseng tanya, “buat apa kambingnya kek? si kakek bilang kalau dia mau beli kambing buat kurban dia dan istrinya. trus Saya tanya lagi,” kok belinya sendiri emangnya nggak ada anak, atau saudara kakek yang mau nganterin untuk beli kambing.???” ehhh, ternyata si kakek  bilang anak-anaknya pergi merantau  semua ini ditemani cucu dan untuk ngidupin kebutuhan sehari-hari dia jualan sapu lidi atau rokok di pinggir jalan yang dibuatnya sendiri dari pelepah daun kelapa . bahkan kadang keliling sehari pendapatanya cuma 5000 perak kadang kurang.Iseng-iseng Saya tanya ,”subhanallah yach kek, kakek masih sanggup berkorban.” Si kakek pun tersenyum ‘n ini satu hal yang nggak bisa Saya lupain , ternyata si kakek bukan saat itu saja berkorban tapi sudah rutin beberapa tahun ia berkorban. Saudaraku, ternyata beliau menabung setiap hari 500 rupiah di tiang bambu belakang rumahnya dari penghasilanya setiap  hari disisihkan untuk ditabung, hasil menjual sapu lidi dan rokok. trus dia bilang,  gusti Allah sudah demikian sayang sama kakek, tiap hari Dia memberi kakek nikmat-nikmat yang hanya dapat kakek hargai dengan 500 rupiah sehari,  kalau Dia memberi rezeki lebih, sebenarnya kakek ingin pergi haji, tapi  tahu sendiri ongkos ke sana berapa? jutaan dan fisik kakek udah nggak memungkinkan …Kakek tahu gusti Allah Maha kaya dan nggak perlu dengan uang 500 perak yang kakek tabung tiap hari, tapi hanya ini yang bisa kakek korbankan untuk membalas setiap nikmatNya…Saudaraku,
Saya jadi malu pada diri sendiri, ternyata seorang kakek mau bersusah payah berkorban tiap tahun untuk membalas berjuta nikmat yang telah dilimpahkan-NYa tiap hari, sedang Saya yang telah di beri rezeki lebih terkadang masih merasa sayang, bila harus membeli kambing untuk berkorban…

Walaupun peristiwa ini sudah terjadi 25 tahun yang lalu tapi kalau idul adha tiba Saya selalu teringat sama kakek saya… yang  wafat  tahun 2009…??

 

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Ya Allah, Ampunilah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempat-kanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.

Leave a Reply

