Kiat Memulai Bisnis untuk Pegawai kantoran atau karyawan

Menjadi karyawan/pegawai kantoran bertahun-tahun nyatanya tak memberikan Anda kepuasan, Rezeki anda sudah ditakar ya artinya seitu-gitu aja. lantaran hasrat begitu menggebu untuk menjadi wirausahawan ingin pindah kuadran kanan dan tidak terikat rutinitas kemacetan kota besar dan rutinitas kerja, ingin mencari tantangan yang membuat anda hidup lebih hidup kaya iklan sebuah rokok saja. Apa pun pilihan profesi Anda, karyawan atau wirausahawan, jangan gegabah dalam mengambil keputusan. Dari setiap keputusan yang Anda pilih akan ada harga yang harus dibayarkan. Jadi bagi anda para karyawan/pegawai mulailah usaha selagi anda masih menjadi karyawan itu sebuah keuntungan, dibandingkan bila anda harus keluar kerja kemudian memulai  usaha.Setidaknya anda masih punya ban serp/cadangan bila usaha pertama anda GATOT (Gagal Total) karena Dunia Usaha adalah rimba belantara yang tak bertuan persaingan diluar sana sangat keras jika anda tidak siap anda akan jatuh tersungkur dan kapok menjadi wirausahawan.

Valentino Dinsi, dalam bukunya Jangan Mau Seumur Hidup Jadi Orang Gajian, memberikan beberapa resep bagi Anda yang bosan menjadi karyawan, dan ingin segera beralih profesi dan memulai bisnis:

1. Cuti menyiapkan bisnis
Ambil cuti di luar tanggungan perusahaan, 6 bulan sampai dua tahun setelah siap mental, finansial, dan sebagainya. Dengan syarat setelah mengambil cuti di hari pertama berarti bisnis sudah harus berjalan. Jika usaha berkembang, maka Anda dapat memutuskan untuk keluar dari kantor. Namun jika gagal, Anda bisa kembali bekerja sambil menyiapkan mental, modal, dan mengevaluasi kesalahan untuk melakukan bisnis kembali pada suatu saat.

2. Siapkan manajemen
Sambil bekerja, Anda bisa memulai membangun bisnis impian. Percayakan kepada orang terdekat mengenai pengelolaan bisnis. Namun untuk keuangan, Anda harus kontrol langsung.

3. Jangan lupa siapkan juga kebutuhan hidup harian anda selama  1 tahun, Misal kebutuhan hidup anda  dan keluarga adalah 5 juta/ perbulan. Siapkan 60 juta untuk satu tahun, ketika anda memulai usaha saat-saat awal usaha anda belum menghasilkan profit. balik modal saja sudah untung, ini juga sebagai jaring pengaman kebutuhan hidup anda dan keluarga anda. bila tidak disiapkan rumah tangga anda pun bahkan bisa berantakan akibat badai krisis yang menerpa usaha anda. ini tips yang diberikan oleh Rangga Umara pemilik usaha kuliner “pecel lele lela” dalam bukunya Dreambook.

4.Hal satu ini juga penting yaitu memiliki pengetahuan atau ilmu  tentang dunia wirausaha atau entrepreneur bisa melalui seminar atau melalui komunitas wirausaha seperti Tangan di Atas anda bisa bergabung di TDA Jaksel atau entreprenur University atau yang lainya. hal ini agar anda mendapat aura positif dari sesama wirausahawan, karena kalau berkumpul terus dengan sesam karyawan terus anda hanya mendapatkan aura negatif walau tidak semuanya.

Pada saat hasil dari bisnis sampingan sudah menyamai gaji di kantor, maka Anda berhak mempertimbangkan untuk keluar dari kerja. Perhitungannya seperti ini, dengan bekerja penuh waktu 160 jam selama satu bulan, gaji Anda hanya Rp 2 juta. Sedangkan melalui bisnis sampingan paruh waktu, Anda bisa berpenghasilan dua kali lipat dari pendapatan Anda saat  ini. Atau penghasilan satu bulan bisa untuk makan satu tahun, nah dititik inilah anda harus memutuskan sikap pindah ke kuadran kanan sebagai owner bisnis bukan sebagai employee/karyawan lagi. Semua ada ditangan anda “man jadda wa jadda” siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil, dimana ada kemaun disitu akan terbuka jalan.

“Seorang entrepreneur bukan seorang gambler (penjudi) atau risk avoider (orang yang selalu menghindari risiko).Melainkan seorang risk taker, risk calculator, yaitu orang yang berani mengambil dan menghitung risiko,” tandas Valentino.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s