Bertumpu Pada Usaha Kecil

Sekitar  70% dari semua perusahaan dan 100% bisnis rumahan merupakan kepemilikan tunggal. Ini adalah bisnis skala kecil /UMKM. Sebagian besar dari bisnis skala kecil tetap saja menjadi kecil atau bahkan mati dalam keadaan sebagai perusahaan kecil.

Penyebab  malapetaka tersebut karena pemilik usaha mengelola bisnisnya sebatas bekerja untuk mencari nafkah, menciptakan kendali atas pendapatan pribadi, menciptakan tempat untuk bekerja, tempat mengerjakan sesuatu yang diketahui caranya, singkatnya bekerja untuk diri sendiri.

Sering kali, para pengusaha memulai sebuah bisnis kecil untuk menciptakan perasaan aman dulu. Lantas mereka menjadi satu-satunya pemilik perusahaan tersebut atau barangkali mereka mempekerjakan  hanya satu atau dua orang karyawan. Bisnis mereka hanya seperti itu sepanjang waktu, bagaikan seorang montir, seorang dokter, seorang terapis, atau  seorang penjual pengecer yang melakukan  sesuatu berulang kali untuk menghasilkan  aliran pendapatan. Pebisnis berskala kecil itu gagal bertumbuh, yang menandai waktu dengan cara melakukan layanan yang sama berulangkali melalui sebuah siklus tiada henti sepanjang bisnis itu berlangsung.

Padahal bisnis skala kecil dapat menjadi bisnis kecil paling sukses di dunia, yang dapat tumbuh 10.000 kali dari ukuranya semula. Sehingga dapat mengikuti jejak semacam Henry Ford, Sam Walton, Michael Dell, Ray Kroc, Mary Kay atau Anita Roddick.

Michael E Gerber seorang guru bisnis sakla kecil, menulis buku “ The Most Successful Small Business in The World  “  dengan maksud mengajari para pelaku bisnis kecil dan pembaca dengan tepat bagaimana menyusun dan kemudian membangu bisnis berskala kecil agar bisa menjadi besar.

Sepuluh Prinsip

Menurut penulis ada 10 prinsip yang mendasari penciptaan bisnis berskala kecil paling sukses di dunia. Sepuluh prinsip Gerber akan membantu Anda untuk mendobrak lingkaran setan itu sebelum siklus itu mulai berlangsung dalam bisnis baru Anda. Gerber akan membantu Anda mengakses energi eksplorasi dengan berpedoman pada peta jalan untuk membawa visi pembaca  jauh melampaui realitasnya. Hanya dengan mengaktualkan energi  tersebut  Anda akan  mampu  membangun sebuah perusahaan yang memberikan pemenuhan terus-menerus serta pertumbuhan pribadi, dan dapat mengembangkan pendapatan, layanan, serta kontribusi positifnya bagi para karyawan  Anda maupun   masyarakat disekitarnya.

Sepuluh prinsip Gerber tersebuat Adalah:

  1. Sebuah bisnis berskala kecil, yang dibangun secara benar bisa tumbuh 10.000 kali dari ukuranya  saat ini.
  2. Sebuah bisnis berskala kecil tidak lebih efektif daripada gagasan untuk membangunya.
  3. Sebuah bisnis berskala kecil adalah sebuah sistem dimana seluruh bagianya memberikan kontribusi terhadap kesuksesan atau kegagalanya.
  4. Sebuah bisnis berskala kecil harus mampu  bertahan melalui semua kondisi perekonomian di segala pasar, yang memberikan hasil-hasil yang berarti dan sangat berbeda bagi semua pelangganya.
  5. Memfungsikan bisnis berskala kecil sebagi sebuah sekolah dimana pemilik dan karyawan-karyawanya bertindak sebagai para pelajarnya, yang memiliki tujuan, keinginan dan tekad untuk bertumbuh.
  6. Sebuah bisni berskala kecil harus menunjukan tujuan yang lebih tinggi, menunjukan visi yang harus diteladani, dan menunjukan  misi yang wajib dipenuhi ( misi ekonomi dan misi sosial).
  7. Sebuah bisnis berskala kecil dengan tujuanya yang lebih tingi pada prinsipnya harus digerakkan oleh sebuah keinginan untuk menciptakan dan  melayani  dengan  makna yang paling dalam. Makna yang ditunujkkan melalui karya-karya yang  luar biasa yang diciptakan oleh pikiran-pikiran yang luar biasa.
  8. Sebuah bisnis berskala kecil  juga memiliki kehidupanya sendiri, dengan pengabdian kepada Tuhan semesta Alam.
  9. Sebuah bisnis berskala kecil adalah sebuah entitas ekonomi yang memacu realitas ekonomi.
  10. Sebuah bisnis berskala kecil ikut memberikan kontribusi terhadap penciptaan suatu kepastian ekonomi bagi masyarakat yan diperjuangkanya.

Dalam setiap bab, penulis mendedikasikan dirinya untuk menjelaskan setiap prinsip tersebut sehingga prinsip-prinsip tersebut memberi  keyakinan, pemahaman, mudah dilaksanakan dan akhirnya bisa diterjemahkan secara nyata kedalam sebuah perusahaan yang dikelola oleh pelaku bisnis kecil.

Buku ini memang bukan sejenis bku pedoman praktis yang cesara “ telanjang” berisi resep-resep jadi pengelola suat bisnis, namu lebih berisikan suatu wawasan, prinsip-prinsip dasar dan gagasan baru yang secar kokoh akan menciptakan kesuksesan bisnis kecil dalam lingkungan politik dan ekonomi apapun.

Sepuluh prinsip Gerber akan membantu Anda untuk:

  • Mengidentifikasi “sistem” pokok perusahaan Anda—yakni cara yang amat mencolok dalam menjalankan bisnis yang akan menjadi batu pertama kesuksesan Anda.
  • Membangun sebuah bisnis imajinasi yang luar biasa besar; sebuah “pencapaian” percaya diri yang akan menciptakan kepastian ekonomi dalam iklim apa pun.
  • Menciptakan sebuah pusat pertumbuhan dan pembelajaran bagi para karyawan Anda, yang pada gilirannya akan mengembangkan bisnis Anda melampaui batasan-batasan yang sudah terbentuk.
  • Menanamkan sebuah tujuan yang lebih tinggi yang mampu menggerakkan diri Anda sendiri, bisnis Anda, dan para pelanggan Anda sampai pada tingkatan pemenuhan dan pertumbuhan.

Dari identifikasi peluang sampai perancangan bisnis hingga uji lapangan gagasan Anda, Gerber menawarkan satu pesan dinamis dalam menciptakan bisnis berskala kecil paling sukses di dunia—tidak saja memberi Anda kepastian ekonomi, yang diyakininya bahwa semua orang memiliki kemampuan itu, tetapi juga memberdayakan Anda untuk meraih potensi Anda yang terbaik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s