Pilihan pendekatan teknis dalam mentoring bisnis

Mentoring bisnis dalam program KMB komunitas TDA Jaksel memiliki banyak pilihan, dan bisa dilakukan dengan kombinasi beberapa pendekatan dalam teknis mentoring.Sebagai tool bagi seorang mentee agar lebih sukses dalam usaha yang  digelutinya dan meningkat kinerjanya dalam mengurus bisnisnya.

Tujuan awal dari mentoring bisnis ini harus dipahami, bahwa mentor bisnis bukan seperti layaknya mengajar di Sekolah atau Universitas yang belaku satu arah. Mentoring bisnis harus bermental berbagi namun bukan untuk kepentingan si mentor bisnis tetapi untuk sang mentee yang harus dibantu dan diarahkan agar melakukan pekerjaan yang lebih efektif sehingga bisnis mengalami kemajuan yang berarti yang bisa dimonitor dalam beberapa waktu tergantung kesepakatan, sehingga sesuatu yang salah bila mentoring bisnis dilapangan lebih banyak ceramah kalau banyak ceramah khutbah jumatan namanya.

Sebagai pendekatan mentoring bisa memilih beberapa pendekatan yang bisa dikombinasikan untuk menentukan praktek
dilapangan saat mentoring:

  1. Training, ini sebagai bentuk pelatihan yang ditujukan agar lebih memudahkan dalam adaptasi kinerja yang efektif.
  2. Diskusi, karena hal ini akan mengoptimalkan komunikasi 2 arah, dari mentor dan peserta mentoring dan sesama anggota mentoring. sehingga tercipta komunikasi yang intens dan nyaman.
  3. Konseling, ini lebih kepada pserta mentoring menceritakan permasalahanya ke mentor, sehingga tujuanya dia mendapatkan ide atau solusi-solusi yang bisa diterapak dan bermanfaat.
  4.  Coaching, adalah fokus pada pembinaan, coaching lebih efektifdari training. Karena arah dan fokus lebih kepada sesuai apa yang dibutuhkan.
  5. Benchmarking, adalah membandingkan dengan perusahaan laia atau usaha sejenis yang sukses dipasaran sebagai ukuran pembanding kualitas, waktu dan biaya. Belajar berarti melakukan hal-hal yang lebih baik, lebih efisien cepat dan murah.

Untuk sukes bisnis memang perlu  mentor bisnis, dalam dunia MLM ada  upline atau leader club sebagai salah satu yang bisa dimanfaatkan untuk peningkatan kinerja usaha kita.Hindari perdebatan dalam proses mentoring, karena mentoring ini berdasarkan pengalaman mentor yang dalam membangun bisnisnya. silahakn dievaluasi setelah pulang dan terapkan bila bermanfaat bila tidak tinggalkan gali ide cemerlang lainya. Salam Sukse Mulia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s