Strategi Dagang Online yang sukses 2

Strategi Bisnis Online 2

Setelah kita membahas strategi  toko online 1, dimana awal kita memulai untuk bisnis online. Maka kita akan melanjutkan strategi lanjutan dimana toko online kita sudah exist dan mendapatkan customer. Sehingga kita memerlukan strategi agar terjadi repeat order ditengah persaingan  toko online yang semakin ketat, dan strategi mengembangkan pasar yang lebih luas, bahkan ke luar negeri.

Strategi Toko online tahap kedua adalah:

  1. Menghadirkan Inovasi produk yang berbeda, setidaknya setiap 2 minggu ada produk baru yang bikin penasaran calon customer, perbanyak produk dan merk sehingga banyak pilihan bagi customer yang datang sehingga betah browsing diweb toko online kita. Atau bisa juga mengadakan promo atau kuis berhadiah untuk menggaet pelanggan.
  2. Memberikan pelayanan kepada customer dengan cepat & tepat, kalau bahasa kerenya CRM= customer response management. melalui sapaan CS yang ramah dan memandu orang untuk kemudahan dan betah berbelanja dengan kita, serta kemudahan pembayaran bisa transfer dalam negeri atau untuk customer luar negeri melalui Western Union ataupun PayPal. Karena kalau ribet cara pembayaran cutomer akan lari.
  3. Manfaatkan Social Media sebagai Branding Awareness dengan membuat page di facebook yang mampu mengumpulkan berjuta-juta fans atau account di twiter sebagai marketing online yang jitu. tentunya dengan pemilihan kata yang tepat.dalam Social media hindarilah Hard Marketing semisal tag ke semua orang karena resikonya kita bisa dilaporkan sebagi spammer dan account kita di blacklist sementara waktu oleh facebook.
  4. Memperbanyak Supplier yang menyuplai kita, jgn terpaku satu supplier karena belum tentu satu supplier mampu menyuplai secara lengakap, pengalaman saya 2-3 supplier untuk satu merk. dan dekati supplier agar kita mendapat kemudahan pembayaran atau kemudahan syarat untuk menjadi distributornya.
  5. Memotivasi SDM kita/karyawan agar melayani konsumen ( diri kita kalau belum punya karyawan) dengan sepenuh hati karena kepuasan pelanggan adalah hal utama yang membuat pelanggan betah berbelanja ditempat kita. dan berikan reward kepada karyawan bila penjualan perbulan megalami kenaikan tentunya dengan dibarengi dengan laba usaha yang meningkat. Buat karyawan seperti ikut memiliki bisnis ini karena mereka juga bertumpu di bisnis ini.
  6. Mengamati pesaing dalam hal marketing setiap pagi. minimal 5 web toko online yang sejenis usahanya dengan toko kita. sehingga kita mampu menemukan inovasi promosi yang efektif dengan mengamati pesaing.
  7. Membuat blog tentang manfaat produk kita, tips-tips yang bisa kita gunakan sebagai backlink ke website utama toko kita. sehingga website kita diindex oleh google sebagai web yang direkomendasikan baik sebagai web do follow bukan no follow. tentunya isinya berkaitan dengan apa yang kita perdagangkan.
  8. Pasanglah produk kita forum jual beli kaskus, detik forum, viva news atau directory web yang khusus untuk pemasaran produk seperti toko bagus, hotfrog, multiply dll  secara gratis. atau kalau mau berbayar di Indonetwork cukup bayar sekali dalam setahun.
  9. Kembangkan layanan dan jaminan barang rusak atau cacat, bisa diganti. Juga jika terjadi masalah barang tidak sampai ke konsumen kita mengurusnya dengan baik dengan menghubungi pihak kargo atau jasa paket.Atau penggantian bila barang hilang atau di curi karena jasa pengiriman paket yang baik akan menganti barang yang hilang jadi harus memilih jasa pengiriman yang terprercaya.
  10. Untuk memperluas pasar lauar negeri kuasailah bahasa inggris , karena bahsa inggris adalah mutlak.So karena pasar luar negeri terbuka luas dan konsumen luar negeri dalam melakukan belanja tidak sedikit-sedikit.Tapi mereka berani belanja partai besar, tetapi mereka juga kritis2 makanya jangan sekali-kali mengecewakan mereka, karena da akan kehilangan klien-klien Gajah.

Demikian tips strategi toko online tahap kedua semoga bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan tentang lika-liku dan seluk beluk perdagangan online.

wassalam

Hendra Andiarto

Pengusaha online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s