Strategi dagang Online yang sukses

dagang online

Dalam ranah bisnis online maka toko online adalah media yang paling mudah untuk dilakukan oleh pemula yang ingin berbisnis karena mempunyai banyak  kelebihan dibanding bisnis offline  karena tidak perlu modal besar, tidak punya produk juga bisa jualan online dan bisa dilakukan sambil mengurus si kecil dari rumah serta bebas macet.Te tapi untuk
mendapatkan penjulan dengan cepat…..eit nanti dulu tidak semua toko online bisa melakukanya. Anda harus memahami dengan baik strategi bisnis toko online. Dalam hal ini  ada beberapa level strategi.Disini saya akan mengungkapkan satu strategi awal yang harus dimiliki pengusaha toko online pemula.

Untuk memulai usaha toko online hingga eksis dan mendatangkan penjualan, pertama kali yang dilakukan adalah survey pasar, survey toko online yang sudah eksis. karena ribuan toko online yang ada, coba aja cek ke paman google untuk kata baju muslim berapa perbandinganya 1 : 5.440.000 wow fantastis, silahkan anda coba search lagi toko herbal 1 : 11.900.000. Wow bisa mati kalau  toko baru dalam persaingan yang sengit, amati terlebih dahulu adalah langkah penting dan bijaksana. Karena kalau kita bersaing dengan mereka dengan produk yang sama sementara kita tidak punya differensiasi produk yang kita jual, akan kalah kita.Kalah sebelum perang, karena kita tidak memiliki strategi untuk terjun ke medan perang sesungguhnya selain kita kurang pengalaman, produk kita ya biasa-biasa saja gak ada beda dan keunggulanya dibanding produk yang sudah ada. Kenapa kita melakukan ini? agar kita tahu peta persaingan untuk memenangkanya.Hal-hal apa yang harus diperhatikan saat membangun toko online, berikut hal-hal yang harus diperhatikan:

  1.  CMS dan website yang digunakan: portal toko online, free, blog, social media dll. sebaiknya menggabungkan keempatnya.Kenapa digabungkan  dg social media, karena social media sebagai tool marketing  dan mengumpulkan pelangan loyal serta optimasi SEO agar web kita diindex oleh google.
  2. Produk yang ditawarkan, apakah spesifik fokus disatu produk atau gado-gado. bagi kita yang bukan produsen lebih baik gado-gado akan memberikan pilihan yang beragam ke konsumen, tentunya masih saling berkaitan yaaa , jangan jualan sepatu terus juala sparepart mobil. untuk produsen tentunya fokus di satu produk kalau ada tambahan adalah acessoris pelengkapnya.
  3. Manajemen harga, ini berhubungan dengan harga yang ditawarkan, diskonya.Buy one get 2 ya strategi memenangkan pasar agar konsumen melakukan repeat order setelah pembelian pertama.
  4. Survey layanan umum dan keunggulan suatu toko online. agar mendapatkan konsep yang paling baik best award/ICSA tinggi banget yaaa, ya pokonya dipercaya deh sama konsumen, kan banyak toko online gadungan yang meresahkan  sesuai dengan praktek dilapangan.
  5. Mengamati peraturan dalam sistem penjualan online; kesepakatan yag tertulis misal cara order, cara retur termasuk garansi yang diberikan oleh suatu toko online.
  6. Mengamati resiko dalam hal pengiriman, rusak, produk cacat dll.
  7. Metode promosi berbayar dan gratis.
  8. Amati pendekatan ke pelanggan loyal, calon customer: email marketing, sms, telp, social media, form online. survey pelanggan terhadap suatu produk, kuis atau undian berhadiah.
  9. Faktor kali, bila ingin penjualan kita meningkat kita harus memikirkan faktor kali, apa sih faktor kali itu. mudahnya begini kalau kita sendiri bisa menjaul 5 produk kalau ada 10 orang maka akan terjual 50 produk. intinya adalah anda bisa merangkul pelanggan loyal anda untuk menjadi marketing anda dengan benefit yang didapatkan sebagai marketing toko online anda. Enakan ga perlu bayar orang buat jadi tenaga sales atau merketing.
  10. Sedekah, yup inilah strategi yang sangat dianjurkan bagi para pebisnis. Karena dengan sedekah kita membuka rezeki kita yang tidak disangka-sangka. Karena Allah menjamin rezeki orang yang mengadakan jual beli dengan-Nya. Sebagian dari usaha jual beli kita ada hak anak-anak yatim, fakir miskin dan orang-orang Jompo. Sahabat  Rasul SAW Abdurahman bin Auf seorang saudagar yang kaya raya sekali bersedekah 50.000 dinar atau setara 40 miliar sekarang. Seorang filantropi  dari zaman Rasulullah.Semoga kita bisa meneladaninya.

Ini adalah tahap awal yang harus kita lakukan, bila kita ingin serius terjun di toko online, namun trend ke depan semua bisnis offline telah beralih ke Dunia Online. Karena kelebihan yang didapatkan dari Go Online suatu bisnis, lihat perusahaan-perusahaan besar konvensional semakin menyemarakan di social media.Dan kita pun akan melihat berapa banyak customer kita yang menggunakan  smartphone yang memungkinkan mereka lebih mobile, otomatis web toko online kita juga harus bisa diakses oleh perangkat-perangkat mobile smartphone tersebut. karena Konsumen kita tidak berlama-lama di depan dekstop mereka, kecuali di kantor itupun sudah dibatasi akses ke social media yag powerfull untuk marketing.

Lain kali kita sambung deh strategi berbisnis online-nya. karena tidak sedikit yang harus kita lakukan, apalagi kalau kita mau besar seperti Amazone.com atau Ebay…….ya siapa tahu mimpi besar kita terlaksana. Asal kalau punya mimpi besar juga punya tekad dan usaha yang besar pula untuk mewujudkanya. Salam sukses mulia.

Hendra Andiarto

pengusaha online

One thought on “Strategi dagang Online yang sukses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s