belajar dari Kesalahan

KMM R5, 6 April 2011 Pejaten Village

Seperti biasa kami dari komunitas TDA jaksel KMM5 melakukan Mastermind rutin, kali ini dihadiri saya sendiri, Pak Khidir  senang melihat beliau sudah sehat kembali dan pak Taufan angggota yang lain Pak Syam ada keperluan lain mengajar, dan Pak Idham sedang berada di palembang roadshow bisnisnya di Lab UNSRI berbagi ilmu tentang Dunia Otomasi mesin, Pak Haryo lagi sibuk dengan propertinya. Kami bertiga membahas tentang kesalahan yang sering kita lakukan dalam berbisnis atau istilah kerenya “belajar dari kesalahan”, karena kadang dalam berbisnis kita membuat kesalahan-kesalahan dan itu wajar asal kita bisa belajar dan memperbaiki kesalahan tersebut demi kemajuan bisnis kita. ada banyak kesalahan dalam berbisnis seperti kesalahan strategi, kesalahan menunda-nunda pekerjaan karena rasa malas yang seharusnya bisa diselesaikan.Dan masih banyak kesalahan lain yang bisa kita perbuat dalam menjalankan bisnis kita.

Dalam kehidupan sehari-hari, berbuat kesalahan dianggap sebagai sebuah aib yang harus dikubur dan ditutup-tutupi selamanya. Namun dalam dunia bisnis “berbuat kesalahan” adalah sebuah ilmu yang harus disebarluaskan agar bisa menjadi manfaat bagi banyak orang. Karena “berbuat kesalahan” adalah sebuah pelajaran hidup yang sarat dengan makna dan ilmu yang luar biasa nilainya.

Siapapun jika ingin sukses dalam bisnisnya, harus mau belajar dari kesalahan diri sendiri dan juga dari kesalahan orang lain. Ibaratnya, semakin sering “salah”, maka akan makin bertambah pula ilmunya. Tentu saja, jika pelaku kesalahan tersebut menyadari kesalahannya dan kemudian memperbaiki diri agar tidak “jatuh di lubang yang sama” dengan “cara yang sama” pula.

Keberhasilan seorang pengusaha dalam berbisnis, sering menjadi inspirasi banyak orang. Banyak orang ingin meniru keberhasilan para pengusaha sukses dengan mempelajari dari sisi manisnya saja.  Berbagai langkah jitu yang dilakukan para pengusaha tersebut banyak yang ditiru, padahal langkah tersebut belum tentu cocok jika diterapkan dlam bisnis kita. Sangat jarang orang mau belajar dari kesalahan diri-sendiri atau kegagalan yang pernah dilakukan para pengusaha sukses. Padahal untuk meraih kesuksesan, setiap pengusaha pasti mengalami kesalahan atau kegagalan, sebelum akhirnya mereka berhasil mengatasinya dan keluar sebagai pemenang. Ternyata, tidak ada salahnya kita belajar dari kegagalan  kita atau kesalahan yang pernah dilakukan oleh para pengusaha sukses dengan tujuan agar kita bisa belajar dari kesalahan tersebut dan tidak ikut terjerumus atau mengalaminya.

Anda harus menyadari bahwa kesalahan adalah bagian yang penting dalam menjalankan roda bisnis anda. Jangan termenung terus dengan rasa bersalah dan penyesalan, pelajari bagaimana anda dapat belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut.Dan keluar sebagai pemenang dalam bisnis yang anda geluti, berikut tips-tips yang mungkin
bisa berguna:

1. Jangan Menjadi Seorang Yang ’Perfectionist’

Jika anda menjalani hidup dengan ketakutan untuk melakukan kesalahan, maka anda akan menghabiskan hidup anda
dengan tidak melakukan apa-apa. Bukan masalah jika anda melakukan kesalahan dalam bisnis anda, karena sekali lagi itu adalah bagian penting dari perjalan bisnis agar anda terus maju. Semakin banyak tanggung jawab dan besarnya bisnis, kemungkinan anda melakukan kesalahan pun semakin sering.

Jika anda selalu ingin merasa semuanya sempurna, selalu ingin menghindari kesalahan-kesalahan sekecil apapun,
hal itu lama kelamaan akan membentengi diri anda secara psikologi dan anda menjadi tidak berani dalam mengambil resiko untuk bisnis anda..

2. Jangan Membuang Waktu Dengan Mencari Pembenaran

Kita manusia mempunyai sifat alami untuk mencari pembenaran atas kesalahan-kesalahan yang kita lakukan. Ketika kita melakukan kesalahan, rata-rata reaksi pertama kita adalah menyalahkan orang lain.”Ya, saya telah menabrak mobil di depan saya, tapi itu adalah karena teman saya yang selalu mengajak saya bergosip sehingga konsentrasi saya terpecah…”

”Saya tidak dapat menyelesaikan tugas sesuai jadwal karena komputer saya mengalami gangguan …”
Perlu anda ketahui, ketika kesalahan telah dibuat, andalah yang akan menanggung resikonya bukan orang lain”. The Time is Money adalah ungkapan yang harus dipegang teguh oleh pebisnis, menyia-nyiakan waktu berarti menggali kubur untuk bisnis anda sendiri.

3. Pahami Mengapa Kesalahan Tersebut Dapat Terjadi

Kesalahan-kesalahan dapat terjadi karena berbagai macam sebab. Untuk mencegah terjadinya kesalahan yang sama
dua kali, anda harus memahami akar permasalahannya, menganalisa atau mungkin butuh teman berdiskusi untuk meminta saran pemecahanya, di KMM anda bisa berdiskusi dengan angota KMM lainya.

Sebagai contoh, anda seringkali lambat dalam mengambil keputusan bisnis; padahal dalam bisnis butuh keputusan yang cepat, tepat, dan terukur. Selalu menunda-nunda pekerjaan. Jika anda  mengalaminya anda harus belajar untuk mengubahnya dari sekarang.

4. Hindari Mengulang Kesalahan Yang Sama

Anda harus menghindari perasaan bersalah yang terus menerus karena telah berbuat kesalahan, namun pada saat
yang sama, anda harus mencari jalan pemecahan dan melakukan tindakan perbaikan. Jika anda mengulangi kesalahan
yang sama, hal tersebut menunjukkan bahwa anda tidak mengalami suatu kemajuan  untuk bisnis dan menyebabkan
kerugian/penderitaan yang berulang bagi bisnis anda.

Seringkali kesalahan disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang buruk. Untuk mencegah kesalahan yang sama berulang, anda harus menghapuskan kebiasaan buruk tersebut. Hal ini memang tidak mudah dan membutuhkan usaha
ekstra untuk merubah kebiasaan. Bagaimanapun, semakin cepat anda bisa merubah kebiasaan buruk tersebut, semakin cepat anda menghindari melakukan kesalahan yang sama.

5. Jangan Biarkan karyawan anda

Jangan pernah menyakiti orang-orang terbaik Anda. Mereka adalah asset penghasil uang bagi Anda selama business
Anda berdiri. Berbagilah dengan mereka jika Anda merasakan keuntungan lebih.Ingat mereka juga telah menanamkan saham di dalam usaha Anda. Yaitu dengan menginvestasikan umur dan keahlian mereka untuk membantu Anda. Mereka adalah rekanan business Anda yang layak mendapat kehormatan dan perlakuan sebagaimana layaknya seorang mitra business.

Berikan selalu penghargaan atas prestasi mereka.. tetapi jangan lupa untuk menegur mereka dengan baik setiap kali mereka lalai dalam menjalankan tugas yang Anda berikan.karena pembiaran akan mengakibatkan karyawan yang lain terpengaruh iabart virus cepat menyebar atau efek jendela pecah kata pak khidir satu jendela kaca pecah dan dibiarkan akan ada jendela kaca lain yang pecah. Hal ini akan membuat mereka selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi Anda.

Jangan mengulangi kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pengusaha yang menjadi pesaing Anda. Di saat mereka terpuruk.. Mereka menganggap staff mereka sebagai keluarga.. Tetapi di saat mereka sudah mulai sukses.. Mereka memperlakukan pegawai-pegawai mereka hanya sebatas pembantu yang tidak layak untuk dihargai.

6. Kesalahan Adalah Kesempatan Untuk Belajar

Dari kesalahan-kesalahan yang telah anda buat, tentu saja anda akan semakin berkembang dan bijak. Kesalahan-kesalahan, dalam hubungannya dengan keberanian mengambil resiko, merupakan sesuatu yang krusial untuk kesuksesan bisnis anda. Hal yang terpenting adalah melihat kesalahan sebagai batu loncatan untuk mencapai sesuatu yang lebih tinggi untuk bisnis anda dan kehidupan yang lebih baik.

itulah hasil diskusi KMM5,  yang saya rangkum secara sederhana semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

2 thoughts on “belajar dari Kesalahan

  1. sayangnya di sekolahan kita aselalu diajarkan untuk tidak pernah salah
    coba lihat anak-anak SD zaman sekarang, betapa mereka takut salah. . .
    bagaimana kalau itu menjadi kebiasaan hingga masanya dewasa dan berani salah. . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s