Perlukah Migrasi Joomla 1.5 ke 1.6

Migrasi Joomla 1.5 menjadi Joomla1.6.  Joomla adalah software management Web yang banyak diminati para pembuat website. Disamping Kemudahan dan simple penggunaan plugin dan interfacenya, joomla dikenal memiliki bugs yang memungkinkan penggunaan illegal pada website seseorang.

Tetapi migrasi dari versi Joomla! yang lama ke versi Joomla! yang baru, merupakan hal yang berbeda. Masih ingat ketika harus melakukan migrasi dari versi Joomla! 1.0 agar dapat menikmati berbagai fasilitas di Versi 1.5?

Perubahan struktur tabel dan file-file lama yang harus dihapus, membuat perubahan dari versi lama ke versi baru tidak cukup hanya dengan meng-copy file dan folder, tetapi harus melakukan migrasi. Secara normal, proses migrasi akan menghapus seluruh file yang berhubungan dengan versi lama, kemudian melakukan migrasi seluruh data dan gambar-gambar ke versi yang baru. Cara ini tentunya selain butuh waktu, juga akan menyulitkan dan terlalu beresiko.

Joomla telah melakukan perubahan besar-besaran dengan merilis Joomla! 1.5 yang menyempurnakan versi Joomla! 1.0.

Setelah sekian lama pengguna Joomla! dimanjakan dengan berbagai kemudahan Joomla! 1.5, sekarang ini para pengguna Joomla! bersiap-siap untuk menjadi lebih kecanduan dengan akan dirilisnya Joomla! 1.6.

Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan yang menyertai Joomla! 1.6:

  1. Apabila sebelumnya struktur pengkategorian hanya sebatas section-category-article, maka Joomla! 1.6 memungkinkan pengkategorian artikel secara lebih bertingkat seperti: category 1-category 2-category 3-article;
  2. Salah satu terobosan di Joomla! 1.6 adalah dengan munculnya fitur Access Control (ACL) yang menggantikan fitur User Manager di versi sebelumnya. Dengan ACL, administrator dapat membuat group, menempatkan user ke group tersebut, dan menentukan hak akses. Tentu saja dengan banyak fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan versi Joomla! sebelumnya;
  3. Apabila sebelumnya memerlukan tambahan extension untuk memberikan kesempatan para pembaca memberikan komentar-komentar di artikel, Joomla! 1.6 menjadikannya standar. Sepertinya fungsi ini akan membuat para pengguna Weblog melirik Joomla! 1.6;
  4. Joomla! 1.6 memungkinkan pemiliknya untuk meng-edit Menu, dan judul-judul modul langsung dari halaman front-end. Satu hal yang di versi Joomla! 1.5 hanya dapat dilakukan di halaman back-end;
  5. Fungsi Captcha yang disertakan sebagai Standar di paket instalasi Joomla! 1.6 menjadikannya lebih protektif terhadap serangan para spammer.
  6. Sekarang kita tidak perlu me-remove suatu extension untuk dapat menggunakan versi extension yang terbaru. Versi Joomla! 1.6 memiliki fungsi untuk meng-update extension;

Masih ada banyak lagi pengembangan Joomla! di versi 1.6. Saat ini Joomla! 1.6 sudah mencapai versi Beta 14. Disebut-sebut, sebentar lagi versi Rilis Candidate dari Joomla! 1.6 akan segera muncul. Tidak sabar menunggu? silahkan coba dulu versi Betanya, download langsung di http://www.joomla.org. Sebelum kita mencoba menguprade joomla sebaiknya kita pertimbangkan dulu :

1. Apakah joomla 1.5 Anda adalah versi yang terbaru ? Jika joomla Anda bukan versi yang terbaru, Upgrade dulu. Versi joomla 1.5 yang terbaru adalah versi 1.5.22 , versi ini adalah versi joomla yang direkomendasikan, karena telah dicoba oleh berbagai kalangan.

2. Apakah semua extensions Joomla Anda compatible dengan versi 1.6 ? Pada saat penulisan tutorial ini terdapat 108 extensions tersedia di JED. Harus diketahui bahwa jUpgrade saat ini tidak dapat meng-upgrade  joomla 3rd party extensions , sehingga harus dilakukan manual upgrade  masing-masing melalui vendor extensions  tersebut. Namun pada saat ini proses pengembangan upgrade extensions sedang berjalan.

3. Apakah Anda memodifikasi core files? Setiap perubahan yang Anda buat ke core files dalam Joomla akan hilang jadi mohon diperhatikan.

4. Apakah tersedia template Joomla 1.6 penyedia template Anda? Jika tidak, apakah Anda merasa nyaman membuat perubahan sendiri? Ada beberapa resource yang cukup bagus untuk dipertimbangkan:

5. Apakah versi bahasa joomla ada tersedia di versi 1.6 ini ?  Find your Joomla1 1.6 Translation.

6. Apakah Anda memiliki masalah pada folder or file permissions di joomla versi 1.5 Anda terdahulu ?

7. Apakah perlu bermigrasi ke Joomla 1.6? Joomla 1.5 sebenarnya masih cukup ok di gunakan. Kebanyakan orang tidak akan tergesa-gesa bermigrasi ke Joomla 1.6. Joomla akan terus mendukung versi 1.5 setidaknya lebih dari satu tahun lagi, merilis security dan bug squashing updates ketika diperlukan.

Ok setelah melihat pertimbangan pertimbangan diatas, Apabila ingin melakukan migrasi, terpenting di sini adalah BACKUP, Untuk backup file hosting sudah dibahas di tutorial terdahulu, silakan check link ini

Cara Upgrade Joomla 1.5 ke 1.6 :

1. Download the latest version of jUpgrade

2. install jUpgrade caranya : login ke joomla administrator Anda http://www.domainanda.com/administrator ,  pilih

* Extensions >> Install/Uninstall ( Seperti gambar di bawah ini )

* Browse >> Select com_jupgrade >> Upload File & Install ( Seperti gambar dibawah )

3. Melakukan proses migrasi caranya pilih

* Components >> jUpgrade ( Seperti gambar dibawah )

* Start Upgrade ( Seperti gambar dibawah )

* Jangan close page tersebut sebelum loading selesai , Scroll ke bawah untuk mengecheck apakah sudah selesai atau belum. ( Seperti gambar di bawah )

Success!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s