Asam lemak vital Samudera, Pencegah Jantung Koroner

Pada 1975, dinyatakan 40% angka kematian usia 64 tahun di Amerika Serikat disebabkan oleh penyakit jantung Koroner. sedangkan di Green land, Penyakit itu hanya menyebabkan 4,6% kematian orang Eskimo.Itu Mendorong DR. Jorn Dyerberg dari Universitas AArhus Denmark mempelajari gaya hidup orang Eskimo yang menjadi awal ditemukanya Omega 3 sebagai senyawa penting untuk Kesehatan.

Pantas jika Jorn penasaran dengan fenomena itu. Kala itu selain ikan laut, daging anjing laut yang tinggi lemak jadi menu harian orang Eskimo. Namun nyatanya, penyakit jantung koroner tak banyak menyerang orang Eskimo.
Usust punya usut, pemeriksaan lemak dalam darah orang Eskimo menunjukkan tingginya kandungan 2 jenis asam lemak tak jenuh rantai panjang. kadarnya lebih tinggi daripada kelompok orang suku Danes yang diteliti sebagai pembanding  dengan  tingkat resiko jantung koroner tinggi. Hasil penelusuranya menunjukan sumber asam lemak itu berasal dari ikan yang dikonsumsi orang Eskimo.

EPA dan DHA

Asam lemak diketahui sebagai Omega-3 jenis decosahexanoid acid (DHA) dan eicosapenta acid (EPA) yang tidak bisa
disintesis oleh tubuh makanya sumbernya berasal dari makanan yang dikonsumsi. Sejak itulah beragam penelitian
menguatkan hipotesis Jorn tentang manfaat Omega-3 mengurangi resiko Jantung Koroner. Salah satunya Adalah
penelitian Dr. Hu Frank dari departemen Nutrisi Universitas Harvard, Amerika serikat bersama timnya pada 2002 bahwa Orang yang banyak mengkomsumsi Ikan terutama ikan Laut dalam lebih dari 5 kali dalam seminggu memiliki resiko terserang jantung koroner 34% lebih rendah daripada kelompokyang jarang mengkonsumsi ikan.

Beragam penelitian seperti itulah yang menjadi pertimbangan Food and Drug Administration (FDA) mengeluarkan petisi pada 2004. Isinya tentang konsumsi makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh Omega-3 EPA & DHA yang mampu menurunkan resiko jantung koroner, dan tiap dokter selalu menganjurkan suplemen yang mengandung Omega -3 kepada penderita yang terkena Jantung Koroner. FDA merekomendasikan dosis konsumsi hariab EPA dan DHA 3 gram perhari dari makanan yang dikonsumsi. Jika dari Suplemen disarankan tak lebih dari 2 g EPA 7 DHA per hari. Disarankan asupan Omega-3 sebanyak 200-500 mg/hari atau setar dengan 30 g ikan sehari, ” kata Deny Wahyudi SSi Apt.

“Omega -3 mampu memicu produksi hormon prostacysclin yang berfungsi menambah elastisitas dinding pembuluh darah”.

kata Prof Dr. ir Deddy Muchtadi Ms, dosen di Departemen Teknologi Pangan dan Gizi IPB Bogor. Penelitian dari American society for clinical Nutrition juga menyimpulkan Omega-3 mampu menambah elastisitas pembuluh darah dan menekan produksi trigliserida sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Perkembangan Otak
Omega -3 juga tersohor berperan dalam perkembangan otak, enam puluh persen penyusun otak adalm lemak terutama asam lemak DHA. DHA penting untuk proses diferensiasi dan multiplikasi sel-sel otak, serta pelepasan neurotransmitter saraf saraf otak. Makanya WHO menyarankan Asupan DHA 20 mg/bobot tubuh perhari untuk bayi normal dan 40 mg/bobot untuk bayi prematur.

Sejatinya ada 9 Macam asam lemak yang tergolong dalm kelompok Omega-3. Namun yang banyak berperan untuk tubuh adalah  jenis EPA dan DHA.Asam lemak Omega-3 banyak terdapat pada ikan laut terutama ikan laut dalam.

Lembaga gizi

Departemen kesehatan RI mencatat beberapa jenis ikan laut indonesia yang memiliki kandungan Omega-3 sampi 10 mg yaitu ikan sidat, terubuk,tenggiri, kembung , layang, bawal, seren, slengseng dan tuna.

Bagi anda yang tak doyan ikan atau tidak rajin mengkonsumsi ikan, Omega-3 dalam bentuk minyak ikan Instan dalam bentuk softgel bisa jadi pilihan.” Disarnakan asupan Omega-3 sebanyak 200-500 mg/hari atau setara dengan 30 g ikan sehari” kata Denny Wahyudi SSi Apt, Manajer Produk Suplemen Kimia Farma. Suplemen Omega-3 dinilai aman lantaran dosisnya terukur sehingga resiko over dosis jarang terjadi.

Yikha Ria, karyawan perusahaan swasta di jakarta yang rajin mengkonsumsi suplemen Omega-3 dari ikan Salmon dan Hiu dengan Vit E alami setahun terakhir mengaku lebih mudah berkonsebtrasi dan jarang pusing. Namun ingat Konsumsi Omega-3 jangan berlebihan, Dikhawatirkan jika berlebih akan membuat darah sulit membeku jika terjadi luka, kata Dr

Ekky Rahardja Ms, SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinik Rumah sakit Siloam, Royal taruna Jakarta Barat. Dr Ekky menyarankan, konsumsi Omega-3 sebaiknya disertai Vitamin E sehingga Omega-3 berlebih tidak berubah menjadi peroksil atau radikal lipid yang menganggu sel tubuh. Vit E berfungsi sebagai antioksidan melumpuhkan radikal lipid.

OMEGA SQUA


Omega Squa merupakan suplemen yang sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung, kulit, dan otak manusia. Omega Squa mengandung tiga unsur yang bekerja secara maksimal dan sinergis untuk menjaga kesehatan jantung, kulit dan otak.

Omega 3 (EPA & DHA)
Bersumber dari ikan salmon Norwegia yang mempunyai kandungan Omega 3 yang paling tinggi yaitu 70% dengan perbandingan EPA 40% dan DHA 30%.

Squalene
Sangat bermanfaat untuk meningkatkan kadar oksigen dalam sel dan menjaga kesehatan kulit. Merupakan minyak ikan hiu putih yang hidup di samudera pasifik dengan kedalaman  600-1000 meter dengan kondisi lingkungan tanpa cahaya matahari, tekanan tinggi dan miskin akan oksigen.

Vitamen E
Merupakan Vitamin E natural yang bermanfaat sebagai antioksidan yang mampu mencegah terbentuknya palk pada dinding pembuluh darah, menjaga kelenabban kulit dan lain-lain.

MANFAAT OMEGA SQUA.
-Menurunkan kadar kolesterol dan Trigliserida dalam darah.
-Mengatasi rasa sakit dan radang pada penderita rematik, Osteoarthritis, Psoriasis, eksim dll.
-Menjaga kelenturan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.
-Mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.
-Mencegah terjadinya kanker.
-Menjaga kesehatan kulit dari infeksi bakteri dan jamur.
-Meningkatkan sistem pertahanan tubuh.
-Mencegah terserang penyakit influenza dan batuk.
-Mempercepat penyembuhan luka, jerawat dan penyakit kulit lainya.
-Pada Ibu Hamil,mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah yang berlebihan selama hamil, membantu perkembangan otak dan meningkatkan berat badan janin serta mencegah bayi lahir prematur.
-Membantu regenerasi sel saraf yang mati seperti pada penderita kencingmanis
dan orang tua.
-mencegah terjadinya serangan asam urat dan Asma.

KANDUNGAN OMEGA SQUA:
Tiap softgel mengandung:
-Omega 3………………………………500 mg
-EPA…………………………………….40%
-DHA…………………………………….30%
-Squalene……………………………….500 mg
-Vitamin E Natural……………………..3 IU

Membutuhkan produk Omega squa bisa  hubungi  saya  di 021-93023631.

hendra andiarto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s