Membangun Rumah= membangun bisnis kita

Alhamdulillah setelah sekian lama pengin menempati rumah sendiri dan hidup mandiri, akhirnya terwujud juga.
membangun rumah baru dan menempati rumah baru yang masih berantakan, adalah mimpi bagi setiap pasangan keluarga baru, berawal dari niat untuk hidup mandiri yang selama ini masih satu rumah dengan mertua. Akhirnya  rencana kepindahan rumah pun sudah dipersiapakn di awal bulan di awal tahun 2011. Walaupun rumah yang akan di tempati masih sangat terbatas fasilitasnya, ternyata pindahan rumah itu hal yang merepotkan yaaa, kebayang gak harus packing segala macam perabotan rumah tangga, buku-buku barang bawaan istri dan anak. Makanya dilakukan dengan mencicil tiap akhir pekan sabtu dan minggu. Sehingga tidak membebani saat hari H, sama juga halnya dalam hal membangun sebuah bisnis.

Mempersiapkan rumah baru ternyata tidak mudah, apalagi yang masih sangat berantakan yang baru bisa berdiri dengan batubata dan beratap asbes, kamar tidur dapur dan kamar mandi masih belum rapi, akhirnya semua urusan kita serahkan kepada ahlinya pak Tukang untuk membereskan dengan memplester tembok dan menghaluskanya, memasang eternit dan keramik, pokonya di kebut biar akhir bulan bisa pindahan ke rumah baru.

ada satu pelajaran yang bisa kita ambil dari proses pindahan rumah ini, ternyata impian memiliki sebuah rumah harus di tanamkan di otak bawah sadar kita dengan kuat, karena kalau tidak memiliki impian yang kuat kita akan terlena untuk tidak segera mewujudkanya. Saya pernah membaca dari sebuah buku bahwa 95% keinginan kita dikendalikan oleh otak bawah sadar kita dan sisanya 5% oleh alam sadar kita. Ada sebuah ungkapan dalam Agama kita “Allah itu berdasarkan prasangka hamba-NYa” Seperti halnya dalam membangun sebuah bisnis, agar bisnis kita menjadi besar dan terealisasi harus di landasi komitmen yang kuat untuk mewujudkanya. Banyak hal dan faktor  yang akan mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis untuk menjadi besar, sama seperti dalam membangun rumah dan pindahan rumah banyak yang harus kita siapakan agar rumah yang kita tempati nyaman dan kokoh. Begitu juga dalam bisnis, dalam bisnis juga membutuhkan orang-orang yang benar-benar ahli untuk menopang bisnis kita. Kita tidak bisa sendirian menjalankan semuanya.

Kita harus bersiap merencanakan strategi marketing, inventory, shipping, karyawan yang baik dan memiliki skill dan semua yang berurusan dengan bisnis kita. Pas sekali saya dan istri juga menjalankan bisnis kecil-kecilan dibidang fashion muslim & kue kering. hampir identik dengan proses membangun rumah dan pindahan rumah. Agar bisa eksis kita harus berjuang keras , melaksanakanya dengan tekun dan mengevaluasi apa yang kurang dari bisnis kita, tentunya demi kemajuan bisnis yang kita jalani. Ibarat rumah kita, tentu tidak mau rumah kita tempati hanya sekedar berdiri saja setelah itu ditempati nyaman atau tidak nikmati saja, tentunya kita ingin rumah kita secantik mungkin, senyaman mungkin dan menarik bagi orang yang datang, kerasan masuk kerumah kita dan kita pun kerasan menempatinya.

Sama halnya bisnis kita tidak mau bisnis yang kita bangun dengan susah payah hanya stagnan saja, pasti kita
menginginkan bisnis kita semakin besar, menghasilkan profit, banyak yang bertransaksi dengan produk kita dan mereka customer kita nyaman dan ujung-ujungnya keuntungan lah yang kita raih. Memberikan keuntungan bagi yang menempatinya dalam bisnis memberikan keuntungan bagi karyawan dan pemilik bisnis itu sendiri.Inilah Rumah Kita.

Tapi apakah ada korelasi antara Bisnis dengan proses membangun rumah dan pindahan rumah, kepada pembaca yang budiman silahkan untuk menjawabnya tulisan ini.Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s